EFEKTIVITAS E-MODUL KIMIA DASAR DALAM KONTEKS PERIKANAN BERBANTUAN QUIZIZZ PADA MAHASISWA PRODI SOSIAL EKONOMI PERIKANAN
DOI:

Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Kimia Dasar melalui e-modul berbasis konteks perikanan yang didukung oleh platform interaktif Quizizz. Penelitian termasuk dalam kategori pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest dan melibatkan 31 mahasiswa Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor pretest sebesar 47,62 meningkat menjadi 87,50 pada posttest. Seluruh mahasiswa memperoleh skor di atas 75, dengan mayoritas berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis kontekstual dan digital mampu meningkatkan pemahaman konsep kimia dasar secara signifikan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa integrasi e-modul kontekstual dengan dukungan teknologi interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa di bidang perikanan.
Downloads
References
[2] Syazali M, Erfan M. Implementasi Pembelajaran Berbasis Sikap Ilmiah dan Keterampilan Proses Sains: Bagaimana Respon Mahasiswa Rumpun Non-Sains?. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 2023 Nov 8;8(4):2370-80.
[3] Kasman RA, Sape H. Meta-Analisis: Literasi Digital Pada Pembelajaran SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 2023; 3(2): 102-106.
[4] Ismail H, Kasman RA, Fadli M. Pengembangan Modul Ajar Ipas Berbasis Masalah (Pbl) Pada Jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan. Jurnal Riset Guru Indonesia. 2024; 3(2): 68-75.
[5] Widiastuti NL. E-modul dengan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran. 2021 Sep 13;5(3):435-45.
[6] Mutiara D. Pengembangan LKP Berbasis Nature of Science (NOS) pada Sintesis Nanopartikel ZnO dan Aplikasinya pada Matakuliah Kimia Anorganik (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
[7] Riki KS. Efektivitas Model Flipped Classroom Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika SMA (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). 2022.
[8] Faisal RA, Lisdiana H, Astuti TN. Pengembangan e-Modul Hidrokarbon Berbasis Inquiry Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SMA. Jurnal Pendidikan. 2024;25(2):155-65.
[9] Billah NN. Pengembangan E-book Interaktif Berbasis Representasi Kimia Pada Materi Termokimia (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). 2024.
[10] Amri IN. Pengembangan Multimedia Learning Module (MLM) berbantuan pyramid hologram pada materi ikatan kimia.2023.
[11] Wulandari SI, Pamelasari SD, Hardianti RD. Penggunaan e-modul berbasis etnosains materi zat dan perubahannya dalam usaha meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa smp. InProceeding Seminar Nasional IPA 2023 Juli 2025.
[12] Sulistiana D, Anggraini DP. Pengembangan Modul Elektronik Kimia Berbasis Potensi Lokal Batik Blitar pada Konsep Materi dan Asam Basa. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA. 2024 Nov 16;14(2):84-94.
[13] Febiyan PH, Hamdu G, Saputra ER. Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Berbasis Etnosains Terkait Makanan Ketupat Air Tanjung Untuk SD di Kecamatan Kawalu. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 2025 Mar 9;10(01):335-47.
[14] Shalihah F, Feriyadi F. Analisis Kebutuhan E-Modul Pada Mata Kuliah Fisika Terapan Untuk Melatihkan Kemandirian Belajar. Journal of Banua Science Education. 2024 Dec 31;5(2).
[15] Suningsih T, Andika WD, Ilhami A, Anggraini R, Andrianza Y. Effectiveness of Using E-Modules Oriented by Ethnopedagogical Approaches to Early Childhood Social Learning Materials on Students' Pedagogical Competence: Efektivitas Penggunaan E-Modul Berorientasi Pendekatan Etnopedagogi Materi Pembelajaran Sosial Anak Usia Dini terhadap Kompetensi Pedagogik Mahasiswa. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. 2025 May 4:342-58.
[16] Andriyanto S, Muharni S, Setiawan S. Peningkatan Kemandirian Belajar Basis Data Dengan Pengembangan E-Modul Interaktif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (J-Diteksi). 2025 Jan 30;4(1):33-45.
[17] Anggraini YD, Jaenudin R, Safitri ER. Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Pajak Penghasilan Berbasis Canva Pada Pembelajaran Perpajakan di Sekolah Menengah Kejuruan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 2025 Jun 3;8(6):5873-9.
[18] Ermawan B, PS AM. Analisis Efektivitas Penggunaan Modul Ajar Digital Interaktif Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Edu Aksara. 2024 Dec 7;3(2):64-79.
[19] HAMID A. Pengembangan Sebagai Media Pembelajaran Untuk Program Studi Teknologi Universitas Pgri Adi Buana Surabaya E-Modul Teknik Pemesinan Frais Peseta Didik SMK (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya). 2024.
[20] Fatmawati I. Transformasi Pembelajaran Sejarah dengan Deep Learning Berbasis Digital untuk Gen Z. Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran. 2025 May 5;5(1):25-39.
[21] Al Idrus SW, Sudianti D. Analisis Instrumen Spektra FTIR Dan GC-MS Senyawa Kalkon Hasil Sintesis dari Vanilin dalam Majalah Kimia: Suplemen Perkuliahan Kimia Organik Lanjut. Chemistry Education Practice. 2025 May 31;8(1):178-88.
[22] Perdana R. Solusi Hijau: Menyelami Kimia Lingkungan Secara Mendalam. CV. Ruang Tentor; 2024 Nov 23.
[23] Anjani DN, Salsabiilaa S, Salsabila S, Fadhil A. Revitalisasi Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Kesadaran Sipil Perspektif Sosiologi Pendidikan. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat. 2025 Jun 17;3(4):70-81.
[24] Yuliandini A, Rosidik I, Wulandari NP. Implementasi Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas V SDN 4 Kuranji. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2025 May 26;5(1):202-8.
[25] Pajarwati L, Dwianti U, Kartini A. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Jam Terakhir Dengan Menggunakan Media Interaktif Quizziz Paper Mode Di Kelas IV SD Inpres Lambengi. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. 2024 Dec 31;10(04):244-55.
[26] Nurholifah L, Zakia N. Meningkatkan Pembelajaran Melalui Implementasi Quizizz dalam Konteks Pendidikan Digital. An-Nashr: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan. 2023 Dec 30;1(2):51-61.
[27] Widowati T, Widya E, Setyowati E, Windayani NR, Wahyuni IE, Putri AK, Dewani FSH. Pengembangan Alat Evaluasi Quizizz Untuk Mengungkap Personal Branding Mahasiswa Tata Kecantikan Menuju Dunia Kerja. Didaktika: Jurnal Kependidikan. 2024; 13(3), 3821-3832.
[28] Wulandari E, Rahmah EF, Qolby HRA, Rifa EJ. Perbandingan Efektivitas Media Pembelajaran Digital terhadap Hasil Belajar PAI antara Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol di SMP Al-Mushlih Karawang. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa. 2025; 3(3): 533-545.
[29] Kosilah, S. S. M. (2025). ILP is The Best Way for Lecturers to Upgrade Their Professionalism. Impact Inspiring Lecture Program. 2025; 60.
[30] Nurjanah SR, Ansori YZ, Cahyaningsih U. Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbantuan Media Quizizz Terhadap Kemampuan Berhitung Matematika Siswa. Buletin Ilmiah Pendidikan. 2024; 3(1): 31-44.
[31] Latifah A, Jauharie KS.RA., & Yoga, Pengenalan Industri Pariwisata dan Peluang Karirnya Untuk Siswa Siswi SMAN 2 Kota Tangerang. Journal Of Human And Education (JAHE). 2024; 4(5): 529-539.
[32] Della Munanda A, Anggriani F, Nabila P, Sinaga HRM. Pengembangan Media Pembelajaran “Mathopoly” Untuk Meningkatkan Pemahaman Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Kelas Vi Sds Nahdlatululama Medan. JURNAL MANAJEMEN EKONOMI BISNIS HARAPAN. 2024; 2(01).
[33] Sabrina E, Syahputra F, Lubis AY, Fadilillah D, Lubis GZ, Hia RNS., ... & Ramadhan WS. ChatGPT dalam Proses Pembelajaran: Dampaknya terhadap Pemahaman dan Kreativitas Mahasiswa. MUDABBIR Journal Research and Education Studies. 2025; 5(1): 587-598.
[34] Prayoghi ML, Assingkily MS. Gamification sebagai Strategi Pembelajaran Aktif untuk Peningkatan Pemahaman Materi. MUDABBIR Journal Research and Education Studies. 2025; 5(1): 577-585.
[35] Wilanda MA, Rahmawati IN, Primayeni S, Sari HP. Membangun Karakter Islami di Era Digital: Tantangan dan Solusi. QOSIM: Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora. 2025; 3(2): 567-573.
[36] Yusanti D, Nirmala SD. Pengaruh Model Peer Teaching Berorientasi Humanistik pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Global Ilmiah. 2025; 2(5).
[37] Imranah, Kasman RA. Efektivitas Penggunaan Quizizz sebagai Media Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa Tadris IPA pada Mata Kuliah Kimia Pangan. Chemistry Education Review. 2023; 6(2): 110-117.
[38] Nahdiyah ACF, Chairy A, Volta AS. Optimalisasi Prestasi Akademik Melalui Pendekatan Inquiry Learning Terhadap Peningkatan Capaian Pembelajaran Matematika Di Kelas 3 SD/MI. Jurnal Ilmiah IPA dan Matematika (JIIM). 2023; 1(3): 87-93.
[39] Ningsih EF, Darmayanti R, Putra FG, Ghozali A, Pradana GA, Dewi YAS. Pelatihan Evaluasi Pembelajaran Interaktif Menggunakan Kahoot Pada Mahasiswa. Educommunity Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2023; 1(2): 93-103.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.