PENGARUH BUDAYA LITERASI TERHADAP MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS VIII Di MTs SAIFUL ULUM TANJUNGBUMI KABUPATEN BANGKALAN
Abstract
Mengingat pentingnya peran mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, mata pelajaran tersebut diwajibkan dalam kurikulum pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi. Oleh sebab itu, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan harus mampu dikemas dengan baik oleh guru agar mampu mencapai tujuan yang mulia dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yang berkarakter berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Tujuan penelitian ini antara lain: 1) mengetahui minat baca siswa kelas VIII Di Mts Saiful Ulum Tanjungbumi, 2) mengetahui budaya literasi Di Mts Saiful Ulum Tanjungbumi, dan 3) mengetahui pengaruh budaya literasi dan minat baca secara bersama-sama terhadap hasil belajar PPKn kelas VIII Di Mts Saiful Ulum Tanjungbumi. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitiann ekperimen. Populasi dan sampel penelitian ini berjumlah 52 siswa kelas VIII MTs Saiful Ulum Tanjungbumi. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen lembar observasi, angket, dan soal tes yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan teknik statistik dengan rumus t-test satu sampel dan korelasi ganda. Berdasarkan analisis menggunakan teknik statistik diperoleh kesimpulan penelitian, antara lain: 1) Minat baca siswa kelas VIII Di Mts Saiful Ulum Tanjungbumi minimal cukup tinggi, 2) Budaya literasi terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VIII Di Mts Saiful Ulum Tanjungbumi minimal cukup baik, dan 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya literasi dan minat baca secara bersama-sama terhadap hasil belajar PPKn kelas VIII Di Mts Saiful Ulum Tanjungbumi
Downloads
References
Aprilia, L, A, dkk. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Wacana Akademika, Volume 2 Nomor 1, Halaman 85-98.
Faradina, N. 2017. Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di Sd Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten, Jurnal Hanata Widya, Volume 6 Nomor 8, halaman 60-69.
Ismawati, Esti, dan Umaya, F. 2012. Belajar Bahasa di Kelas Awal. Ombak. Yogyakarta.
Kasiyun, S. 2015. Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk Mencerdaskan Bangsa, Jurnal Pena Indonesia, Volume 1 Nomor 1, halaman 79-95.
Masengi, A. 2014. Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Minat Baca Siswa Sd Negeri 121 Kecamatan Malalayang Manado, Jurnal Acta Diuma, Volume 3 Nomor 4, halaman 1-7.
Mediatati, N. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples pada Siswa Kelas VIIIE SMP Negeri 6 Salatiga, Journal of Education Research and Evaluation, Volume 1 Nomor 2, halaman 100-105.
Nusarastriya, 2013. Permasalahan dan Tantangan Guru PKn Menghadapi Perubahan Kurikulum 2013, Jurnal Satya Widya, Volume 29 Nomor 1: 23-29.
Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama, 2019. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta.
Tantri, A. A. S, dan Dewantara, I, P, M. 2017. Keefektifan Budaya Literasi Di Sd N 3 Banjar Jawa Untuk Meningkatkan Minat Baca, Journal of Education Research and Evaluation, Volume 1 Nomor 4, halaman 204-209.
Triatma, I, N. 2016. Minat Baca Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta, Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, Volume 5 Nomor 6, halaman 166-178.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Sistem Perbukuan.
Wasti, S. 2013. Hubuungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Busana di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang, Artikel berdasarkan Skripsi yang tidak dipublikasi, Padang: Universitas Negeri Padang
Copyright (c) 2022 EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.