Game Edukasi Adventure Pengenalan Komponen Komputer Untuk Peserta Didik SMK Dar El Hikmah Pekanbaru

  • Dede Darmawan Universitas Muhammadiyah Riau
  • Rahmad Al Rian Universitas Muhammadiyah Riau
  • Pratama Benny Herlandy Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Media pembelajaran yang hanya menggunakan buku ajar, sesekali menggunakan power point dan pendidik menjelaskan materi dengan metode konvensional yang dilakukan terus menerus tanpa adanya variasi akan menyebabkan kejenuhan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat game edukasi adventure pengenalan komponen komputer. Untuk mencapai tujuan diatas digunakan penelitian pendidikan dengan jenis penelitian Research and Develompment (R&D). Pengembangan media pembelajaran mengacu pada model Multimedia Instructional Design Process. Adapun tahapan Multimedia Instructional Design Process yaitu, Analysis, Design, Deveploment, Implementation, Evaluations. Data yang dikumpulkan melalui angket (skala likert) pada saat uji coba. Hasil penilaian dari ahli materi terhadap kelayakan game edukasi adventure mencapai skor rerata 4,58 dengan kategori sangat baik . Hasil penilaian dari ahli media terhadap kelayakan game edukasi adventure mencapai skor rerata 4,33 kategori sangat baik . Hasil penilaian dari peserta didik terhadap game edukasi adventure pada uji coba mencapai skor rerata 4,56 dengan kategori sangat baik . Berdasarakan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa game edukasi adventure ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifiati Fitri Anggraini (2016).Aplikasi Game Edukasi Petualangan Nusantara
Arif S. Sadiman (2014). Media pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya.
Jakarta: Rajawali Press.
Astri Nur Indahsari Dkk (2018). Game Edukasi Pengenalan Komponen Komputer Berbasis
Android Sebagai Pengembangan Media Pembelajaran
A. Trisnadoli, I. Muslim, and W. Novayani,(2016) “Software Quality Requirement Analysis
Educational Mobile Game with Tourism Theme,” J. Softw., vol. 11, no. 12, pp. 1250–1257,
Azhar, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Burhan Arifin Dkk (2018). Aplikasi Game Puzzle Pengenalan Perangkat Komputer Berbasis
Android
Fendi Aji Purnomo (2016). Pembuatan Game Edukasi Petualangan Si Gemul Sebagai
Pembelajaran Pengenalan Daerah Solo Rayapada Anak.
Fransiskus Tjiptabudi (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pengenalan Lingkungan Dan
Pembelajaran TIK Bagi Siswa Kelas I Sekolah Dasar
Putri, Alya Andriani (2018). Media Pembelajaran Interaktif Dengan Lectora Inspire Pada
Pokok Bahasan Perakitan Komputer
Sugeng Santoso Dkk (2017). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Untuk Anak-
Anak Usia Dini
Sumardiono (2012). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Memanfaatkan Multimedia
Komunikasi Interaktif: Flow Chart CAI dan Strategi Instruksional.
Wanda Wibawanto (2017). Desain Dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif.
Jawa Timur: Cerdas Ulet Kearatif.
Widoyoko, Eko Putro (2012). Teknik Penyusunan Instrument Penelitian. Yogyakarta :
Pustaka Pelajar
Published
2020-01-15
Abstract views: 1232 , PDF downloads: 931