Prestasi Belajar Mengoperasikan Program Pengolahan Angka Melalui Model Pembelajaran Bertukar Pasangan Siswa SMKN 1 Rengat
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap matadiklat mengoperasikan program pengolahan angka melalui model pembelajaran bertukar pasangan pada siswa kelas XI Akuntasi SMK Negeri 1 Rengat .jenis penelitian yang diguanakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI akuntasi SMK Negeri 1 Rengat. Data dalam penlitian ini didapatkan dari penilaian proses kegiatan belajar mengajar, hasil belajar siswa berupa nilai test formatif dan dokumen portofolio. Dari hasil penelitian didapatkan data bhawa terjadi perubahan dalam aspek keaktifan belajar siswa. pembelajaran dengan model ini mencakup tiga ranah pengetahuan yaitu (1)Afektif, (2) Kognitif dan (3) Psikomotor.
Downloads
References
[2] D. T. Ayuni, “PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PERMAINAN BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA UTAMA 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016,” IOSR J. Econ. Financ., 2016.
[3] S. Wulandari, S. Buwono, and R. Rosyid, “EFEKTIVITAS MODEL BERTUKAR PASANGAN PADA PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, 2013.
[4] Kasnati, “MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN,” Suara Guru J. Ilmu Pendidik. Sos. sains, dan Hum., vol. 2, no. 2, 2016.
[5] I. R. Hidayah, “PERBEDAAN MODEL BERTUKAR PASANGAN DENGAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PECAHAN,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 33, no. 7, pp. 283–290, 2018.
Copyright (c) 2020 EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.