Sintesis dan Karakterisasi Bioplastik Berbasis Pati Sagu-Kitosan Berisi Pelepah Sawit dan Plastizier Gliserol

  • Rahmadini Syafri Universitas Muhammadiyah Ria
  • Yuli Andriani Universitas Muhammadiyah Riau
  • Wirdati Irma Universitas Muhammadiyah Riau
  • Diar Veronika Universitas Muhammadiyah Riau
  • Siti Nuriana Universitas Muhammadiyah Riau
  • Prima Yane Putri Universitas Muhammadiyah Riau
  • Annisa Nadia Putri Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Bioplastik, pati sagu, kitosa, selulosa, gliserol

Abstract

Bioplastik atau plastik biodegradble merupakan salah satu alternatif pengganti plastik konvesional yang membahayakan bagi lingkungan. Plastik biodegradable memiliki kegunaan yang sama dengan plastik sintetik tetapi ramah terhadap lingkungan karena sifatnya yang dapat terurai oleh aktivitas mikroorganisme pengurai. Kitosan digunakan sebagai biopolimer untuk meningkatkan sifat mekanik karena dapat membentuk ikatan hidrogen antar rantai dengan amilosa dan amilopektin pada pati. Salah satu bahan dasar plastik biodegerdable yaitu pati. Pati adalah salah satu jenis polisakarida yang amat luas tersebar dialam. Kitosan memiliki gugus fungsi amin, gugus hidroksil primer dan sekunder. Keberadaan gugus fungsi tersebut mengakibatkan kitosan memiliki kereaktifan kimia yang tinggi karena dapat membentuk ikatan hidrogen, sehingga kitosan merupakan bahan pencampur yang ideal. Selain itu kitosan merupakan turunan kitin yang paling banyak di bumi setelah selulosa, bersifat hidrofobik serta dapat membentuk lembaran dan membran yang baik. penelitian ini yang lebih berfokus pada pengaruh penambahan selulosa dari serat pelepah sawit terhadap karakteristik bioplastik dari pati sagu- kitosan dengan penambahan plasticizer gliserol. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui variasi terbaik bioplastik pati sagu-kitosan dengan pengisi serat pelepah kelapa sawit dan plasticizer gliserol yang optimum terhadap karakteristik bioplastik yang dihasilkan dengan beberapa parameter yaitu uji kuat tarik, uji biodegradasi, analisis gugus fungsi pada bioplastik menggunakan alat instrument FTIR (Fourier Transform-Infra Red), Scaning Electron Microscopy (SEM) dan uji ketahanan air.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M., Islamia, J. M. and Ahmed, S. 2015. Adsorption of heavy metal ions : Role of chitosan and cellulose for water treatment.International Journal of Pharmacognosy. 2(6):280-89.

Harjanti, R, S. 2014. Kitosan dari Limbah Udang sebagai Bahan Pengawet Ayam Goreng. Jurnal Rekayasa Proses. 8(1):12–19.

Ihwan, R. 2017. Pembuatan Asam Oksalat Dari Pelepah Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis) Melalui Reaksi Oksidasi Asam Nitrat. Skripsi. Universitas Sumatra Utara.

Jumadil, K. 2020. Pengaruh Variasi Penambahan Selulosa Pelepah Kelapa Sawit Pada Bioplastik Dari Tepung Maizena Dan Tepung Tapioka. Skripsi. Universitas Muhammdiyah Riau.

Lismawati. 2017. Pengaruh Penambahan Plasticizer Gliserol Terhadap Karakteristik Edible Film Dari Pati Kentang (Solanum Tuberosum L.). Skripsi. Universitas Islam Negri Makassar.

Muhidin, S. L. 2012. Pengaruh Perbedaan Karakteristik Iklim Terhadap Produksi Sagu. Jurnal Agroteknos, 190-194.

Nahir, N. 2017. Pengaruh Penambahan Kitosan Terhadap Karakteristik Bioplastik Dari Pati Biji Asam (Tamarindus Indica L.). Skripsi. Universitas Islam Negri Makassar.

Novriyani, V., Utami, S, P., dan Bahruddin. 2019. Pembuatan Bioplastik Berbasis Pati Sagu Menggunakan Modifikator Asam Sitrat Dengan Microcrystalline Cellulose (MCC) Sebagai Filler dan Sorbitol Sebagai Plasticizer. 6(1):1–5. Pamilia Coniwanti, L. L. 2014. Pembuatan Film Plastik Biodegredabel dari Pati.

Jagung dengan Penambahan Kitosan dan Pemplastis Gliserol. Jurnal Teknik Kimia No.4 Vol. 20 : 22-30.

Putra, R. H. 2020. Pemanfaatan Limbah Pelepah Kelapa Sawit Sebagai Bahan Baku Alternatif Pembuatan Kertas Dengan Metode Kraft. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Riau.

Rasli, S. A. M., Ahmad, I., Lazim, A. M., Hamzah, A. 2017. Pengekstarkan dan pencirian selulosa daripada bahan buangan pertanian – pelepah kelapa sawit. Malaysian Journal of Analytical Science. 21(5) : 1065-1073.

Ritonga, F. S. 2018 .Bioplastik Dari Pati Biji Durian Berpengisi Kitosan (Menggunakan Pelarut Asam Format Dan Plasticizer Gliserol) Sebagai Plastik Pengemas Minyak. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Said, A. 2018. Sintesis Plastik Biodegradable Berbahan Komposit Pati Sagu- Kitosan Sisik Ikan Katamba ( Lethrinus lentjam ). Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 9(1):23–30.

Septiosari. A., Latifah., Kusumastuti. E. 2014. Pembuatan dan karakterisasi bioplastik limbah biji mangga dengan penambahan selulosa dan gliserol. Indonesia Journal of Chemical Science, 2(3).

Published
2021-11-30
How to Cite
Syafri, R., Andriani, Y., Irma, W., Veronika, D., Nuriana, S., Putri, P. Y., & Putri, A. N. (2021). Sintesis dan Karakterisasi Bioplastik Berbasis Pati Sagu-Kitosan Berisi Pelepah Sawit dan Plastizier Gliserol. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 12(1), 84-90. https://doi.org/10.37859/jp.v12i1.3359
Section
Chemistry Sciences
Abstract views: 893 , PDF downloads: 798