Analisa Kualitas Crude Palm Oil (CPO) dan Usulan Perbaikan Menggunakan Metode Tree Diagram di PT. Johan Sentosa Bangkinang

  • Denny Astrie Anggraini universitas muhammadiyah riau
  • Warid Wijaya universitas muhammadiyah riau
Keywords: CPO, Tree Diagram, Analisis Pengendalian Kualitas

Abstract

PT.Johan Sentosa adalah perusahaan perkebunan dan industri kelapa sawit yang salah satu produknya adalah minyak kelapa sawit (CPO). Perusahaan berusaha untuk mendapatkan hasil minyak CPO berkualitas tinggi agar dapat memenuhi dan memberikan kepuasan pada pelanggannya. Namun masih ditemukan permasalahan terhadap kualitas minyak CPO yang dihasilkan, yaitu tingginya kadar ALB dan kadar air serta rendahnya rendemen. Maka dari itu dilakukan identifikasi untuk mencari akar penyebab rendahnya kualitas CPO serta tindak perbaikan kualitas minyak crude palm oil (CPO) menggunakan tree diagram. Akar penyebab dari permasalahan itu antara lain : pemanen belum mengetahui rotasi panen, keterlambatan pengiriman tandan buah segar (TBS) ke pabrik, dan kurang inspeksi di pabrik pada peralatan/mesin produksi. Oleh karena itu tindakan perbaikan yang dapat dilakukan antara lain : memberikan pelatihan/penyuluhan oleh divisi kebun tentang rotasi panen yang tepat, mengoptimalkan work intruction/standart operation prosedur untuk karyawan dan mengadakan training/ penyuluhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1.] Arif, Muhammad. 2010. Analisis Konsistensi Mutu Dan Rendemen Crude Palm Oil (CPO) Di Pabrik Kelapa Sawit Tanjung Seumantoh PTPN 1 Nanggoroe Aceh Darussalam. Departemen Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (10 September 2017).
[2] Hidayati, Annisa. 2014. Memahami Analisis Pohon Masalah. Fakultas Teknik Universitas airlangga Surabaya (20 Agustus 2017).
[3] Marunduri, Firman. 2013. Pengaruh Waktu Inap CPO Pada Storage Tank Terhadap Kadar Asam Lemak Bebas, Kadar Air Dan Kadar Kotoran Di PTPN III Tebing Tinggi PKS Kebun Rambutan. Departemen Kimia. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Sumatera Utara (26 September 2017).
[4] Muhammad, Hasby. 2010. Penggunaan Pohon Keputusan dalam Teori Keputusan Diambil dari : http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Matdis/2010 (05 September 2017).
[5] Panduan Kerja Praktek Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Riau (2017).
[6] Rizal, Putra. 2013. Kinerja Perubahan Kadar Asam Lemak Bebas Dan Kadar Minyak Kelapa Sawit Akibat Penundaan Waktu Pengolahan. Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Sriwijaya (11 September 2017).
[7] Zakki, Falani. 2014. Decision Tree (Pohon Keputusan). Diambil Dari: (05 Sepember 2017).
Published
2017-12-01
How to Cite
Anggraini, D. A., & Wijaya, W. (2017). Analisa Kualitas Crude Palm Oil (CPO) dan Usulan Perbaikan Menggunakan Metode Tree Diagram di PT. Johan Sentosa Bangkinang. Jurnal Surya Teknika, 5(02), 57-62. https://doi.org/10.37859/jst.v5i02.645
Abstract views: 1376 , pdf downloads: 4294

Most read articles by the same author(s)