Analisis Postur Kerja Karyawan Kantor di Departemen Produksi Menggunakan Metode Rapid Office Strain Assesment (ROSA) (Studi Kasus : PT. Indah Kiat Pulp & Paper tbk)

  • zayyinul hayati zen universitas muhammadiyah riau
  • Agus Mulyadi universitas muhammadiyah riau
Keywords: postur kerja, ergonomi, ROSA

Abstract

PT. Indah Kiat Pulp & Paper adalah salah satu perusahaan nasional yang bergerak dibidang produksi Pulp dan kertas. Perusahaan yang terletak di perawang ini memanfaatkan teknologi sebagai salah satu alat yang dapat mempermudah pekerjaan seperti komputer. Penelitian ini berfokus pada seksi Paper Machine#6 yang pekerjanya bekerja di ruangan. Pekerja selalu menggunakan komputer lebih dari 8 jam/hari. Penelitian awal dengan cara menyebarkan kuesioner Standart Nordic Questionnaire (SNQ) untuk mengetahui keluhan yang dirasakan karyawan. Dari kuesioner banyak pekerja yang merasakan sakit pada punggung, pantat, pinggang, paha dan pergelangan tangan. Keluhan tersebut dapat diminimalkan dengan cara mengetahui dan mengidentifikasi postur kerja pada karyawan dalam menggunakan komputer dengan menggunakan metode Rapid Office Strain Assesment (ROSA). ROSA merupakan salah satu metode khusus ergonomi perkantoran, dimana penilaiannya dirancang untuk mengukur resiko yang terkait dengan penggunaan komputer. Dengan metode ini maka dapat diketahui apakah postur kerja pada karyawan kantor PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk masih dibatas yang dianggap aman. Hasil penilaian postur kerja dengan ROSA yaitu postur kerja beresiko, pada keadaan tersebut jika dilakukan terus menerus tanpa ada perbaikan maka dapat meyebabkan cidera yang berdampak pada kinerja dan produktivitas karyawan. Oleh sebab itu perlu direkomendasikan ke perusahaan yang bersangkutan dengan melakukan perbaikan. perbaikan yang dilakukan untuk mengurangi tingkat resiko yang dirasakan dengan cara perbaikan fasilitas kerja yang digunakan dengan standar ergonomi dan penggunaan jam isitirahat dengan peregangan otot atau relaksasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Habiyoga, Andre. (2016). Analisis Postur Kerja Karyawan Kantor Menggunakan Metode Rapid Office Strain Assesment (ROSA) Pada PT. Universal Tekno Reksajaya Plant Pekanbaru. Universitas Muhammadiyah Riau.

[2] Loria, Desindah. (2017). Hubungan Postur Kerja Dengan Keluhan Musculoskeletal Disorder Pada Perawat Instalasi Rawat Inap RSUD MOELOEK. Universitas Lampung.

[3] Rosma Hani Damayanti, Irwan Iftadi, Rahmaniya Dwi Astuti, (2014). Analisis Postur kerja pada PT. XYZ menggunakan Metode ROSA (Rapid Office Strain Assesment). Universitas Negeri Semarang.

[4] Sonne, M.W.L., Villalta, D.L., and Andrews, D.M, (2012). Development and Evaluation of an Office Ergonomic Risk Checklist: The Rapid Office Strain Assessment (ROSA). Applied Ergonomics 43(1), 98-108.
[5] Zen, Zayyinul Hayati (2014). Perancangan Alat Material Handling Dengan Menggunakan Pendekatan Biomekanika dan Postur Kerja pada Bagian Pengepakan Pupuk di CV. Bukit Raya Laendrys Bukittinggi, Universitas Muhammadiyah Riau
Published
2017-12-01
How to Cite
zen, zayyinul hayati, & Mulyadi, A. (2017). Analisis Postur Kerja Karyawan Kantor di Departemen Produksi Menggunakan Metode Rapid Office Strain Assesment (ROSA) (Studi Kasus : PT. Indah Kiat Pulp & Paper tbk). Jurnal Surya Teknika, 5(02), 46-56. https://doi.org/10.37859/jst.v5i02.644
Abstract views: 573 , pdf downloads: 652

Most read articles by the same author(s)