Perbandingan Pemakaian Variasi Pegas CVT Terhadap Torsi, Daya dan Konsumsi Bahan Bakar Honda Beat Pgm-Fi Tahun 2018

  • Jusnita Jusnita Program Studi Mesin Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Riau
  • Putri Ayu Lestari Program Studi Mesin Otomatif, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Pegas, Continuously Variabel Transmission, Torsi, Daya, Konsumsi Bahan Bakar

Abstract

Modifikasi sistem CVT dengan merubah pegas dari sistem penggerak dengan tujuan agar kinerja mesin lebih bertenaga dan tarikannya lebih ringan.  Hasil penelitian pegas CVT standar, torsi maksimum 29,51 NM diputaran 7500 Rpm, torsi minimum 8,80 NM di Rpm 1750 dan daya maksimum 9,8 HP di Rpm 4043, Rpm 1750 hingga 2250 Rpm sudah mencapai peak power. Bahan bakar pertalite 200 ml, di run selama 1 menit di Rpm 6000 tersisa 180 ml. Tinggi pegas  94,3 mm, diameter luar 57,2 mm, diameter dalam 46,1 mm, jumlah lilitan 6 dan diameter pegas 5, 4 mm. Pegas variasi Rpm 1000 torsi maksimum 20,25 NM di Rpm 2913. Daya maksimum 9,9 HP di Rpm 3903, Rpm 1750 hingga 2250 Rpm sudah mencapai peak power. Tinggi pegas 117, 4 mm, diameter luar  58, 5 mm, diameter dalam 50,2 mm, jumlah lilitan 6 dan diameter pegas 5, 8 mm. Pegas  dengan variasi 1500 Rpm, torsi maksimum 26,83 NM pada Rpm 2560, torsi menurun di Rpm 2750 sebesar 26,46 NM. Daya maksimum 10,2 HP di Rpm 2949. Putaran 2000 Rpm hingga 2750 Rpm sudah mencapai peak power. Tinggi pegas 119, 2 mm, diameter luar 59,4 mm, diameter dalam 51,2 mm, jumlah lilitan 6 dan diameter pegas 5,6 mm. Kesimpulan pegas CVT 1500 Rpm lebih efisien dibandingkan dengan standar karena tinggi pegas antara variasi kedua inilah yang menyebabkan perbedaan antara torsi dan daya dipengaruhi oleh diameter menyebabkan rata-rata torsi dan daya yang dihasilkan lebih besar, sedangkan  konsumsi bahan bakar tidak saling mempengaruhi satu sama lain

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fani, Hengki Fanto, and Erzeddin Alwi. Pengujian Penggunaan Berat Roller Dan Pegas Pulley Sekundery Non Standart Pada Countinuously Variable Transmission (CVT) Terhadap Daya Dan Torsi Sepeda Motor Honda Beat PGM-FI. 2019. Journal of Multidisciplinary Researchand Development. Vol 4 No.2 766-771.

Setyawan, Reinaldi Teguh.. Pengaruh Variasi Weight Roller Cvt Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Torsi Mesin Honda K18 Di Jalan Pegunungan. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin "MEKANIK". 2001, Vol 7 No. 1.19-25.

Setiawan, B., Martias, M., & Wagino, W. Pengaruh Penggunaan Pegas Sliding Sheave Racing Terhadap Daya Dan Torsi Pada Sepeda Motor. Jurnal Automotive Engineering. 2017. Vol 6 No. 4.

Sayuda Ari Saputro, Nely Ana Mufarida, Ardhi Fathonisyam PN. Pengaruh Penggunaan Variasi Roller Dan Pegas Cvt Racing Terhadap Performa Motor Matic 110 cc.

Dharma, G. A., & Wulandari, D. Pengaruh Pemakaian Variasi Pegas Sliding Sheave Terhadap Performance Motor Honda Beat 2011. 2013. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Otomotif UNESA. Vol 2 No. 1. 126 – 131.

Nofendri, Y., & Christian, E. (2020). Pengaruh Berat Roller Terhadap Performa Mesin Yamaha Mio Soul 110 Cc Yang Menggunakan Jenis Transmisi Otomatis (CVT). 2020. Jurnal Kajian Teknik Mesin, Vol 5 No. 1, 58-65.

lham, A. A., Haniffudin, H., Saefi, S., & Nasrullah, H. Pengaruh Berat Roller Cvt Dan Pegas Pulley Racing Pada Motor Yamaha Mio J/Gt 2014. 2021. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, Vol 16 No. 2, 187-200.

Published
2023-06-26
How to Cite
Jusnita, J., & Ayu Lestari, P. (2023). Perbandingan Pemakaian Variasi Pegas CVT Terhadap Torsi, Daya dan Konsumsi Bahan Bakar Honda Beat Pgm-Fi Tahun 2018. Jurnal Surya Teknika, 10(1), 651-656. https://doi.org/10.37859/jst.v10i1.4919
Abstract views: 137 , *.pdf downloads: 104