Analisis Perbandingan Suhu Rem Tromol dengan Penggunaan Fluida Sebagai Pendingin: Pendekatan Eksperimental

  • Jusnita Jusnita Program Studi Mesin Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Riau
  • Denur Denur Program Studi Mesin Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: rem blong, over loading, over heating, efisiensi rem, temperatur tromol, kanvas

Abstract

Kegagalan pengereman atau rem blong merupakan penyebab umum kecelakaan yang sering terjadi. Muatan berlebih (overloading) dan temperatur tromol yang tinggi (overheating) sering dicurigai sebagai pemicu utama kegagalan pengereman. Penelitian ini memfokuskan pada pengaruh muatan sumbu roda dan temperatur tromol terhadap efisiensi sistem pengereman pada mobil Toyota Avanza. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan variasi tromol standar dan tromol yang telah dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengujian pengereman, temperatur pada tromol yang telah dimodifikasi menggunakan pendingin air lebih rendah dibandingkan dengan tromol konvensional, dengan perbedaan mencapai 30%. Perbedaan temperatur semakin signifikan ketika temperatur kerja rem mencapai di atas 100°C. Tromol water cooler brake bekerja dengan efektif untuk menahan peningkatan temperatur rem dengan cara menyebarkan panas dari kampas rem ke sirip-sirip tromol melalui perantara air pendingin. Penggunaan cairan pendingin berupa air biasa atau radiator kurang efektif karena rentan mengalami penurunan cepat akibat penguapan. Penelitian ini memberikan wawasan tentang peningkatan efisiensi pengereman melalui modifikasi tromol dengan pendingin air, yang dapat menjadi solusi untuk mengurangi risiko kegagalan pengereman akibat muatan berlebih dan temperatur tromol yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif Setyo Nugroho (2014). Analisa Beban Pengereman Terhadap Kualitas Kampas Rem Tromol Mobil Dengan Metode Oghosi. Jurnal Matematika.

Louis Renault, (1902). Keandalan Sistem Untuk Predictive Maintenance Pada Rem Tromol Mobil Isuzu Panther New Hi Grade Tahun 1999.

Rezeki, Y. T. (2022). Analisis Penggunaan Kanvas Rem Tromol Terhadap Efisiensi Pengereman Pada Mobil Toyota Avanza Tahun 2021 (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Padang).

Ryan Bagas Wicaksono, Ranto, Yuyun Estrianto,(2000). Analisa Kualitas Kampas Rem Cakram Antara Original dengan Yang Bukan Original Pada Mobil (Doctoral Dissertation, Universitas Hasanuddin).

Fauzi,, D. M., Naubnome, V., & Fauji, N. (2022). Analisis Perhitungan Rem Tromol Roda Belakang Mobil Suzuki Mega Carry. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.

Prames, D., & Yohanes, Y . (2019). Analisa Sistem Pengereman Pada Mobil Multiguna Pedesaan. Jurnal Teknik Its.

Putra, I, E., & Agustin, J. (2020). Analisa Pengaruh Beban Pengereman Dan Variasi Merk Kampas Rem Terhadap Keausan Kampas Rem. Rang Teknik Jurnal.

Muhammad, N. (2014). Analisa Sistem Rem Tromol Mobil Suzuki Future Tahun 2003. Nozzle : Jurnal Mechanical Enginering.

Wibowo, D. B., & Heryanto, I. (2015). Kegagalan Fungsi Pengereman Bis Dan Truk Akibat Rusaknya Komponen Rakitan Kampas Rem.

Priyadi, D. W. (2019). Modifikasi Sistem Rem Tromol Pada Rancang Bangun Kendaraan Off Road Toyota Fj40 (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Wagino, W., Pratama, A. B., & Fernandes., D. (2016). Pengaruh Penggunaan Kampas Rem Beralur Terhadap Jarak Pengereman Dan Temperature Tromol Pada Sepeda Motor Honda Fit S. Vanos Journal Of Mechanical Engineering Education.

Published
2023-12-26
How to Cite
Jusnita, J., & Denur, D. (2023). Analisis Perbandingan Suhu Rem Tromol dengan Penggunaan Fluida Sebagai Pendingin: Pendekatan Eksperimental. Jurnal Surya Teknika, 10(2), 908-911. https://doi.org/10.37859/jst.v10i2.6440
Abstract views: 45 , *.pdf downloads: 48