Analisis Beban Kerja dengan Menggunakan Metode Recommended Weight Limit (RWL) di PT. Indah Kiat Pulp and Paper. Tbk

  • Denny Astrie Anggraini Universitas Muhammadiyah Riau
  • Riko Ahmad Daus Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: beban kerja, ergonomic, recommended weight limit (RWL)

Abstract

PT. Indah Kiat Pulp and Paper adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur pembuatan pulp (bubur kertas) dan paper (kertas), merupakan salah satu perusahaan yang telah menerapkan
perbaikan-perbaikan budaya kerja demi tercapainya kedisiplinan di dalam perusahaan, sehingga menimbulkan suasana yang aman dan nyaman dalam bekerja. Namun demikian masih banyaknya
ditemukan aktivitas pekerjaan yang tidak mementingkan ergonomic dalam bekerja sehingga dapat menyebabkan penyakit akibat kerja, seperti pekerjaan penyusunan box ream kertas secara manual yang
disusun pada pallet. Berdasarkan hasil wawancara dengan operator diperoleh informasi bahwa rasa pegal pada pinggang dan punggung terjadi sebagai akibat sikap kerja yang kurang baik dan berat beban angkat yang besar. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah  metode Recommended Weight Limit (RWL), untuk menganalisis terhadap kekuatan manusia dalam mengangkat atau memindahkan beban, dan merekomendasikan batas beban yang dapat diangkat oleh manusia tanpa menimbulkan cedera meskipun pekerjaan tersebut dilakukan secara berulang-ulang dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa untuk berat beban yang direkomendasikan adalah 0,95 kg dan jarak antara conveyor dan pallet yaitu 25 cm serta untuk ketinggian pallet ditambah hingga 20 cm. Usulan ini dapat mengurangi resiko cedera punggung pada pekerja.

References

[1] Alif Dany Hasan, Hubungan Composite Lifting Indeks Terhadap Keluhan Sistem Muskuluskeletal PadaPekerja Palleting Di Area Aqua 1500ml Di PT. Tirta Investama. Laporan Khusus, 2010.
[2] Denny Astrie Anggraini, Perhitungan Berat Beban Yang Direkomendasikan Menurut Persamaan NIOSH Untuk Pengangkatan Doos Oleh Operator Pada Line Packaging Di PT. Selamat Sempurna. Tbk , Laporan Kerja Praktek 1, 2006.
[3] Maidiawati, Analisis Manual Material Handling Dengan Menggunakan Metode Recommended Weight Limit (RWL) Pada Bagian Produksi Packing Untuk Produk Flooring Di CV. Kosima Arta, Tugas Akhir UBH, 2005.
[4] Sutalaksana, Iftikar Z, dkk, Teknik Tata Cara Kerja, Jurusan Teknik Industri ITB, Bandung, 1970.
[5] Waters, Thomas R, Application Manual For The Revised NIOSH Lifting Equation , Public Health Service Center, Ohio, 1994.
pdf
Abstract views: 37
downloads: 25
s