Analisis Pengukuran Beban Kerja Pada Karyawan Service Advisor PT. Agung Automall Sutomo Menggunakan Metode NASA-TLX

  • Denny Astrie Anggraini Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Riau
  • Irsan Pratama Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Beban Kerja, NASA_TLX, Service Advisor

Abstract

Agung Automall beralamatkan di Jl. Dr. Sutomo No. 13, Kota Pekanbaru merupakan main dealer yang melayani penjualan mobil merek Toyota dan melayani servis kendaraan baik servis berkala maupun servis rutin. Pada bagian pelayanan jasa service terdapat 8 karyawan service advisor yang akan melayani customer untuk melakukan service kendaraan. Pekerjaan yang dirasa overload oleh service advisor menyebabkan keterlambatan pelayanan karena dibawah tekanan perusahaan dan juga tekanan oleh customer yang harus memberikan pelayanan yang baik. Hal ini dapat membuat performansi service advisor menurun dan tentunya target perusahaan tidak akan tercapai. Maka perlu dilakukan analisis beban kerja mental untuk mengetahui tingkat beban kerja mental karyawan service advisor PT. Agung Automall Sutomo Pekanbaru. Terdapat beberapa metode yang digunakan dalam menganalisis beban kerja, salah satunya adalah metode NASA- TLX. Berdasarkan hasil pengukuran beban kerja menggunakan metode NASA-TLX diperoleh bahwa rata-rata skor NASA-TLX pada karyawan service advisor PT. Agung Automall Sutomo adalah sebesar 80 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Artinya beban kerja yang dimiliki oleh karyawan service advisor PT. Agung Automall Sutomo adalah sangat tinggi. Untuk mengatasi masalah tersebut diberikan beberapa rekomendasi yaitu melakukan evaluasi terkait jumlah karyawan service advisor, memberikan training kepada karyawan service advisor berupa pelatihan pelayanan pelanggan serta melakukan evaluasi menyangkut beban kerja dengan waktu penyelesaianya sehingga karyawan service advisor dapat menyelesaikan pekerjaan dengan optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

G. C. Firmansyah, “Studi Literatur Penggunaan Kursi Ergonomi Untuk Menurunkan Keluhan Otot Rangka Dan Kelelahan,” Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., pp. 8–24, 2020, [Online]. Available: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/3212/4/Chapter 2.pdf.

Ardiansyah, “Gambaran Penerapan Ergomoni,” Fmipa Ui, pp. 5–34, 2011.

P. Nasa-tlx, “PERBANDINGAN DAN PENGUKURAN BEBAN KERJA MENTAL DENGAN PENDEKATAN NASA-TLX,” universitas muhammadiyah surakarta, 2017.

J. Siahaan, “ANALISIS PENGARUH BEBAN KERJA MENTAL DAN STRESS KERJA TERHADAP LOYALITAS PEKERJA PADA OPPO SERVICE CENTER INDONESIA,” J. Ilm. Nas. Bid. Ilmu Tek., vol. 08, no. 01, pp. 28–35, 2020.

Afif Muhammad Zain, “ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL MENGGUNAKAN METODE NASA-TLX (Studi Kasus CV Tiga Serangkai, Balikpapan, Kalimantan Timur),” 2546.

M. Noor and F. Fauziyah, “Pengendalian Kualitas Crude Palm Oil Perusahaan Minyak Kelapa Sawit PT. Kalimantan Sanggar Pusaka Dalam Upaya Mengendalikan Tingkat Kerusakan Produk Menggunakan Alat Bantu Statistical Process Control,” J. Manaj. Bisnis, vol. 7, no. 1, pp. 110–129, 2016, doi: 10.18196/mb.

M. Nur, Y. E. P. Dasneri, and A. Masari, “Pengendalian Kualitas Crude Palm Oil (CPO) di PT. Sebanga Multi Sawit,” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 5, no. 2, p. 148, 2020, doi: 10.24014/jti.v5i2.8985.

D. A. Anggraini and W. Wijaya, “Analisa Kualitas Crude Palm Oil (CPO) dan Usulan Perbaikan Menggunakan Metode Tree Diagram di PT. Johan Sentosa Bangkinang,” J. Surya Tek., vol. 5, no. 02, pp. 57–62, 2017, doi: 10.37859/jst.v5i02.645.

Published
2022-12-30
How to Cite
Anggraini, D. A., & Irsan Pratama. (2022). Analisis Pengukuran Beban Kerja Pada Karyawan Service Advisor PT. Agung Automall Sutomo Menggunakan Metode NASA-TLX. Jurnal Surya Teknika, 9(2), 468-473. https://doi.org/10.37859/jst.v9i2.4334
Abstract views: 233 , *.pdf downloads: 292