SUPERVISOR ACADEMIC SUPERVISION IN IMPROVING THE PEDAGOGIC COMPETENCE OF PAI SDN TEACHERS IN KAMPAR KIRI DISTRICT, KAMPAR REGENCY IN 20219
Abstract
PTS ini membahas supervisi akademik pengawas dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI SD di Kecamatan Kampar Kiri Kajiannya dilatarbelakangi dengan adanya jumlah semua guru sekolah dasar yang mengajar pada kecamatan Kampar Kiri yaitu 123 orang, dan jumlah guru PAI saat ini adalah 52 guru yang meliputi guru mata pelajaran fiqih, akidah ahlak, sejarah kebudayaan Islam (SKI), dan Al-Qur‟an hadits, sedangkan jumlah pengawas yang ada di Kecamatan Kampar Kiri saat ini adalah 1 pengawas. Jumlah madrasah ibtidaiyah baik negeri maupun swasta ada 13 sekolah. Studi ini dimaksud untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi supervisi akademik pengawas dalam upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru?, (2). Bagaimana faktor-faktor penghambat pengawas dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru?, (3) Bagaimana Supervisi Akademik Pengawas?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di Kecamatan Kampar Kiri Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan data diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi supervisi akademik; a) Perencanaaan supervisi akademik Pengawas sekolah dari aspek perencanaan program tahunan yang disusun oleh Pokjawas di Kabupaten/Kota melalui diskusi terprogram; program semester, yang dilakukan oleh setiap pengawas sekolah dimasing-masing sekolah binaan; rencana kepengawasan akademik yang dilakukan oleh pengawas sekolah. Namun masih terdapat beberapa hal yang belum tercapai diantaranya: jadwal pelaksanaan supervisi akademik bersifat kondisional dan terkadang juga bersifat mendadak yaitu menyesuaikan kegiatan Pengawas sekolah dan pihak sekolah binaan, sehingga persiapan GPAI kurang maksimal; b) Pelaksanaan supervisi akademik Pengawas sekolah dilaksanakan 3 kali kunjungan pada sekolah binaan. Supervisi akademik dari pengawas dilaksanakan dengan instrumen supervisi kelas yang dilakukan dengan observasi secara langsung di kelas. Hampir secara keseluruhan program di RKA sudah terealisasi semua di lapangan. Namun dalam melaksanakan pembinaan kompetensi pedagogik, ada beberapa indikator yang belum terealisasikan, dikarenakan menurut pengawas sekolah GPAI dirasa sudah menguasai; c) Evaluasi dan tindak lanjut program supervisi akademik dilaksanakan setelah observasi proses pembelajaran di kelas ataupun melalui kegiatan KKG PAI. Dari sini sudah teridentifikasi permasalahan yang dihadapi guru rumpun mapel PAI, dan juga dengan mengadakan workshop, pelatihan ataupun diklat bekerjasama dengan Kementerian Agama Kab. Kampar . 2) Hambatan yang dialami pengawas dalam supervisi akademik adalah kurangnya tenaga pengawas PAI, banyaknya guru yang harus dibina dan kurangnya intensitas supervisi akademik terhadap guru. Sedangkan solusi dari kendala tersebut adalah rekrutmen pengawas baru, peningkatan intensitas supervisi kunjungan kelas dan peningkatan program pembinaan supervisi pengawas secara berkala dan berkesinambungan.
Saran dari kendala tersebut adalah rekrutmen pengawas baru, peningkatan intensitas supervisi kunjungan kelas dan peningkatan program pembinaan supervisi pengawas secara berkala dan berkesinambungan.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi, masukan bagi pengawas, kepala sekolah dan guru rumpun mapel PAI dalam meningkatkan kompetensi pedagogik agar mutu pendidikan semakin meningkat.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi dan YulianaLia, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media, 2009
Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Supervisi, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Asf , Jasmani dan Mustofa Syaiful, Supervisi Pendidikan, (Terobosan Baru dalam Kinerja Peningkatan Kerja Pengawas Sekolah dan Guru), Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Bafadal, Ibrahim, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, dari
SentralisasiMenuju Desentralisasi, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Depag RI, Al-Qur‟an dan Tafsirnya (Jilid I: Juz 1-2-3, Al-Qur’anul karim), Bandung: PT. Citra Effhar, 1993.
Dewi Sartika, Raden Rara, “Pengembangan Model Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas berbasis Lesson Study Dengan Peran Ahli dan Siawa „LS PAS‟”, Educational Management, (Vol. 3, No 2, Desember/2014).
Dirjen Pendidikan Islam Tahun 2014, Pedoman Pelaksanaan Pemenuhan Beban Kerja Pengawas Madrasah.
Dwi, Pahlevie Eliani, “Model Supervisi Akademik Berbasis Evaluasi Diri Guru dan Penilaian Rekan Sejawat”, Educational Management, (Vol. 3, No 2, Desember/2014).
Fatah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2011.
Fathurrohman, Pupuh dan Aa suryana, Guru Profesional, Bandung: PT Refika Aditama, 2012.
Hadi, Sutrisno, Metodologi Reseach, Yogyakaartaa: Andi Offset,2004.
Hawi, Akmal, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2014
Jalaluddin, Abdurahman, Al-Jami‟ ash-Shaghiir, hlm.130, Hadits No.850
Juwariyah, Hadits Tarbaw, Yogyakarta: Teras, 2010.
L.N, Syamsu Yusuf, Buku Materi Pokok Pedagogik Pendidikan Dasar, Bandung: Sekolah Pascasarjana, 2007
Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000.
Muhaimin, dkk, Manajemen Pendidikan (Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah), Jakarta: Kencana. 2011.
Mulyasa, E, Standar Kompetensi Sertifikasi Guru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.
Mulyono, Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan,
Jogyakarta: Ar Ruzz Media Groups, 2009.
Nur Mufidah Luk-luk, Supervisi Pendidikan, Yogyakarta: Teras,2009.
Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2012, Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam pada Sekolah, pasal 4, Ayat (2).
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 39 Tahun 2009, Pemenuhan Beban Kerja Guru dan Pengawasan Satuan Pendidikan, pasal 4, ayat (4).
Peter F. Olivia, Supervision For Today‟s School, New York: Longman Inc, 1984.
Piet A.Sahertian, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan,Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Prasonjo, Lantip Diat, Supervisi Pendidikan,Yogyakarta: Gava Media,2011, Cet.I.
Prastowo, Andi, Memahami Metode-Metode Penelitian, Yogyakarta, Ar-Ruzz Media, 2011.
Purwanto, Ngalim, Administrasi dan supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Purwanto, Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktik, Bandung: Remaja RosdaKarya, 2007.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Pendidikan,Jakarta: Kencana, 2007.
Subagyo, P. Joko. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik.Jakarta: Rienka Ciptaa. 2004.
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung:Alfabeta, 2005.
------------, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2008.
------------, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D,Bandung: Alfabeta. 2008.
------------, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2009
Copyright (c) 2022 EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.