Implementasi Metode Market Basket Analysis pada Penataan Ulang Tata Letak Pedagang Pasar Arengka di Kota Pekanbaru

  • Faradila Ananda Yul UMRI
  • Sri Mulyati
Keywords: Confidence, GAP Analysis, Improvement Ratio, Market Basket Analysis

Abstract

Pasar Pagi Arengka Pekanbaru menjadi salah satu pasar tradisional yang berada di Pekanbaru yang masih perlu perbaikan. Beberapa masalahnya yaitu kepadatan lalu lintas dipasar, kemacetan, tata letak pedagang yang tidak teratur, jarak yang sempit antar penjual, parkir tidak tertib, pasar yang kotor, basah dan berlumpur. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode Market Basket Analysis dalam memetakan hubungan asosiasi dari produk yang dibeli oleh pelanggan. Hasil dari penelitian ini adalah mengelompokkan kelompok dagang berdasarkan nilai confidence dimana diperoleh 5 itemset kelompok dagang yang memiliki hubungan kedekatan multak dengan nilai confidence 91% - 100%, terdapat 5 itemset sangat penting dengan nilai confidence 81% - 90%, 3 itemset cukup penting dengan nilai confidence 71% - 80%, 178 itemset biasa saja dengan nilai confidence 61% - 70%, 142 itemset kedekatan tidak diinginkan dengan nilai confidence 51% -60%, dan terdapat 101 itemset kelompok dagang yang memiliki hubungan kedekatan sangat tidak diinginkan dengan nilai confidence ≤ 50%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wibawanto, A. A. A., Choiri, M., & Eunike, A. (2014). Perancangan Tata Letak Fasilitas Produksi Pestisida II Dengan Metode Computerized Relationship Layout Planning (CORELAP) Untuk Meminimasi Material Handling (Studi Kasus: PT. Petrokimia Kayaku Gresik). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Industri, 2, 871–883.

Di, P., Bpr, P. T., Arta, M., & Bengkalis, M. (2014). USULAN PERBAIKAN TATA LETAK FASILITAS. 2(2).

Hidayatullah, I. (2018). ( Sop ) Dalam Pelayanan Pembatalan Ibadah Haji Di Kementrian Agama Kota Semarang.

Astuti, F. D., & Winarno, B. H. (2021). Implementasi Gap Analysis untuk Evaluasi Kinerja Dosen Berdasarkan Sasaran Mutu. Format : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 10(1), 101.

https://doi.org/10.22441/format.2021.v10.i1.010

Anwar Arifin, I. W. (2022). Perbaikan Tata Letak Pasar Induk Tradisional Di Sangatta Dengan Metode Market Basket Analysis (Mba). Research Journal of Accounting and Business Management, 5(2), 113.

https://doi.org/10.31293/rjabm.v5i2.5784

Suryani, S., & Utami, S. P. (2021). Analisis Layout Produk dengan Metode Market Basket Analysis (MBA) pada Swalayan CG Mart Pasir Putih Kabupaten Kampar. 32(1), 122–132.

Ilmiah, P. (2016). PERBAIKAN TATA LETAK PRODUK DI ASSALAAM HYPERMARKET DENGAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS Disusun sebagai salah satu syarat menyelesaikan Program Studi Strata I pada Jurusan Tekn

Published
2022-12-30
How to Cite
Yul, F. A., & Mulyati, S. (2022). Implementasi Metode Market Basket Analysis pada Penataan Ulang Tata Letak Pedagang Pasar Arengka di Kota Pekanbaru. Jurnal Surya Teknika, 9(2), 525-531. https://doi.org/10.37859/jst.v9i2.4305
Abstract views: 408 , *.pdf downloads: 501