Perancangan Mesin Penghalus Tempurung Biji Buah Kelapa Sawit(Endocarp Crusher Hammer Mill) Untuk Komposisi Bahan Bakar Alternatif

  • Legisnal Hakim Universitas Muhammadiyah Riau
  • Japri Universitas Muhammadiyah Riau
  • Abrar Ridwan Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: pellet biomassa, fiber, kulit tempurung buah kelapa sawit, impact, hammer mill

Abstract

Pellet biomassa adalah suatu batangan yang mudah terbakar serta dapat mempertahankan nyala api dan dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk penyalaan ketel uap mini. Dalam pembuatan pellet biomassa yang berkualitas sangat dipengaruhi oleh komposisi bahan yang terdiri atas campuran 80% fiber kelapa sawit dan 20% hancuran kulit tempurung buah kelapa sawit yang dipress dengan menggunakan screw press. Kendala yang didapatkan pada saat memproduksi pellet biomassa adalah partikel size untuk pecahan kulit tempurung buah kelapa sawit yang masih memiliki ukuran yang besar sehingga tidak menghasilkan kriteria pellet biomassa yang diharapkan, maka dilakukan perancangan untuk unit mesin yang dapat memperkecil ukuran pecahan kulit tempurung buah kelapa sawit, alat ini dinamai dengan endocarp crusher hammer mill. Mesin ini menggunakan gaya impact dari hammer mill untuk memukul pecahan kulit tempurung buah kelapa sawit menggunakan energy dari elektrik motor kapasitas 0,5 HP putaran rotor untuk hammer mill adalah 800 rpm dengan nilai hancuran kulit tempurung kelapa sawit adalah 7 mesh

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

INTEGRATED APPROACH, PRENTICE HALL INCH. 2004.
SKF General Catalogue,Media – Print, Germany. 2003
Djoko Purwanto,ARANG DARI LIMBAH TEMPURUNG KELAPA SAWIT. Penelitian Balai Riset Dan Standarisasi Industri. Februari 2011.
Ariani Nur Hidayah,PEMANFAATAN LIMBAH TEMPURUNG KELAPA MENJADI BIO BRIKET SEBAGAI ENERGI BAIK. 15 Agustus 2018.
Sularso dan Kiyokatsu Suga, DASAR PERANCANGAN DAN PEMILIHAN ELEMEN MESIN. Pradya Paramiha: Jakarta, 1994.
Harsono, Wiryosumarto dan Tosie, TEKNOLOGI PELNGELASAN LOGAM. PT. Pradnya Paramitha: Jakarta 1996.
Taufik Hidayat, PERANCANGAN MESIN PEMECAH CANGKANG KELAPA SAWIT DENGAN KAPASITAS 20 KG PERJAM. Fakultas Teknik. Universitas Muhammadiyah Riau: Pekanbaru 2017.
Legisnal Hakim, Budi Istana dan Japri,RANCANG BANGUN MESIN PRESS UNTUK PENCETAKAN PELLET BIOMASSA (CAMPURAN SERABUT DAN CANGKANG KELAPA SAWIT) SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF KETEL UAP MINI. Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT) 5. Program Studi Teknik Mesin. Universitas Muhammadiyah Riau: Pekanbaru, 2017.
Zainal Abidin dan Harry P. Limbong,Pembuatan Arang Cangkang Kelapa Sawit Dengan Proses Torefaksi. Balai Riset Dan Standarisasi Industri. Jl. Sisingamangaraja: Medan 2017.
Diah. Sundari. Wijayanti, KARAKTERISTIK BRIKET ARANG DARI SERBUK GERGAJI DENGAN PENAMBAHAN ARANG CANGKANG KELAPA SAWIT. Universitas Sumatra Utara: Medan 2009.
Septi Kurniawan dan Agus Kusnayat.Perancangan Hammer Mill Menggunakan Metode Discrate Element Modeling Untuk Meningkatkan Kehalusan Penggilingan Kulit Kopi. e – Proceeding of Engineering. Vol. 4 Fakultas Teknik, Universitas Telkom. Agustus 2017.
Purwanto. Djoko, BRIKET BAHAN BAKAR DARI LIMBAH TEMPURUNG KELAPA SAWIT (elais guineensis Jacq). Journal Riset Industri Hasil Hutan. Vol. 2 No. 1. Penelitian Baristand Industri Banjarbaru: Banjarmasin 2010.
Published
2020-02-22
How to Cite
Hakim, L., Japri, & Ridwan, A. (2020). Perancangan Mesin Penghalus Tempurung Biji Buah Kelapa Sawit(Endocarp Crusher Hammer Mill) Untuk Komposisi Bahan Bakar Alternatif. Jurnal Surya Teknika, 6(1), 55-63. https://doi.org/10.37859/jst.v6i1.1868
Abstract views: 714 , Pdf downloads: 1075

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>