ANALISIS KNOWLEDGE MANAGEMENT MODEL MENGGUNAKAN METODE FUZZY SCREENING SYSTEM UNTUK MENENTUKAN KUADRAN KONDISI PERUSAHAAN STUDI KASUS PT. JAKARTA TEKNOLOGI UTAMA
Abstract
Perusahaan yang sukses untuk mencapai tujuannya secara optimal adalah perusahaan yang mampu merumuskan strategi, dan mengimplementasikan strategi secara efektif dan efisien. Hal ini dapat diterapkan dengan knowledge management model menggunakan metode Fuzzy Screening System untuk menentukan kuadran kondisi perusahaan, Fuzzy Screening System adalah salah satu metode multicriteria decision making (MCDM) yang menyatukan informasi yang diberikan oleh berbagai ahli dari menejemen tingkat atas dan menengah, dengan studi kasus PT. Jakarta Teknologi Utama aplikasi yang dibuat ini diharapkan dapat mengetahui sampai mana pencapaian kinerja perusahaan. Aplikasi dibangun berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrogram PHP dan database my SQL Server, pengguna dari aplikasi ini adalah admin yang berperan mengelola data utama, pimpinan yang berperan melihat proses akhir dan laporan dan karyawan yang berperan mengisi quisioner. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa metode Fuzzy Screening System dapat memberikan hasil berupa kuadran kondisi perusahaan dalam bentuk mapping.
Downloads
References
Disain Sistem Informasi”,
Yogyakarta, Andi Yogyakarta.
Kusumadewi, dkk, 2004.”Fuzzy Multi
Atribut Decision Making
(MADM)”, Graha Ilmu,
Yogyakarta.
Okfalisa, dkk. A Knowledge Management
Matrics Model for Measuring
Strategy Implementation Success,
International Journal of Bussiness
Exelent (IJBEX), 2010.
Groff & Jones,2003,”Introduction
to Knowledge Management,
Bangkok.Wigg dalam
Liebowitz,1996,” Knowledge
management is the systematic”,
Navila.
Kusumadewi, dkk, 2010. ”Pencarian
Bobot Atribut Pada
MultipleAttribute Decision
Making dengan
Pendekatan Objektif Menggunakan
Algoritma Genetika”,Graha Ilmu,
Yogyakarta.
Silvia Nahtalie Prabudy (2004),
Perbandingan Fuzzy Screening
System dengan AHP untuk
menentukan mobil jenis City Car,
Diakses pada tanggal 31 januari
2013 dari
http://dewey.petra.ac.id/jiunkpe_dg_4159.
html.
https://nadvianti.wordpress.com/2014/05/
08/kn owledge-creationandknowledge-managementarchitecture/ diakses tanggal 6
Januari 2016.
Bambang Setiarso, 2007, Penerapan
Knowledge Management pada
Organisasi.( Studi Kasus di
Salah Satu Unit Organisasi
LIPI ), Jakarta, LIPI.
Amalia Hastyanti Putri, 2010, “Evaluasi
Implementasi Knowledge
Management System PT.
Telekomunikasi Indonesia (Studi
Evaluasi Implementasi Kampiun
Berdasarkan Pengukuran Kinerja Pada PT.
Telkom Wilayah Timur)”. Jurnal
Dinamika Manajelen, Sulawesi.
Susanti Kurniawati, Mahasiswa
UPI, 2010, Model Penerapan
Knowledge Management Pada
BUMN Penyelenggaraan Bisnis
Jasa Telekomunikasi Model
Penerapan Knowledge Management
Pada BUMN Penyelenggaraan Bisnis
Jasa Telekomunikasi. Bandung,
Universitas Pendidikan Indonesia.
Reza Fatahillah, 2011, “Analisa dan
Desain Knowledge Management
System pada Sekolah Menengah
Atas (studi kasus pada SMAN I
Tangsel dan SMAN 3 Tangsel)”
UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Winda Kurnia Sari, 2014, “Penerapan
Knowledge Management System
(KMS) Berbasis Web Studi Kasus
Bagian Teknisi dan Jaringan
Fakultas Ilmu Komputer Universitas
Sriwijaya”, Sumatra Selatan.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

