Augmented Reality Game pada Materi Geometri Berbasis Etnomatematika Keraton Yogyakarta

  • Anwar Rifai Universitas Budi Luhur
  • Kukuh Harsanto Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Augmented Reality, Etnomatematika, Game, Keraton Yogyakarta, matematika

Abstract

Keterbatasan sumber belajar kontekstual dapat menjadi hambatan dalam mempelajari matematika. Pada kenyataanya matematika telah digunakan dalam kehidupan sejak zaman dahulu, salah satu contohnya adalah penggunaan matematika dalam perancangan dan pembangunan bangunan keraton. Konstruksi geometris dan perhitungan matematis digunakan dalam merancang atap dan bentuk bangunan.  Teknologi Augmented reality memiliki potensi untuk memfasilitasi proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan konteks budaya Keraton Yogyakarta. Tujuan dari penelitian  ini adalah untuk mengembangkan aplikasi berbasis augmented reality, serta game untuk memfasilitasi siswa belajar materi geometri dengan konteks etnomatematika keraton. Selanjutnya, penelitian dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu : (1)Studi literatur serious game, augmented reality, Etnomatematika, dan keraton yogyakarta. (2) Studi lapangan keraton Yogyakarta. (3) Pemodelan alur pembelajaran, konten materi, dan learning trajectory berdasarkan silabus. (4) Membuat rancangan aset 2 dimensi dan 3 dimensi sebagai landasan pembuatan game. (5) Membuat rancangan proses pembelajaran yang menerapkan aplikasi serta modul.  (6) evaluasi aplikasi yang dikembangkan. Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan pada aplikasi yang telah dikembangkan diketahui bahwa kemampuan awal dari kedua kelas yang mengikuti uji coba adalah sama, sehingga peningkatan hasil belajar dapat dilakukan melaui posttest. Berdasarkan hasil posttest dikethui bahwa aplikasi yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa SMP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

O. Daeli, P. S. W. Gulo, and A. Redianto, “Kajian Matematika pada Bangsal Pagelaran Keraton Yogyakarta,” Prism. Pros. Semin. …, vol. 5, pp. 364–370, 2022, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/54536%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/54536/21062

J. W. Pratiwi and H. Pujiastuti, “Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng,” J. Pendidik. Mat. Raflesia, vol. 5, no. 2, pp. 1–12, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405

C. Hedenqvist, M. Romero, and R. Vinuesa, “Improving the Learning of Mechanics Through Augmented Reality,” Technol. Knowl. Learn., Jul. 2021, doi: 10.1007/s10758-021-09542-1.

N. Tuli, G. Singh, A. Mantri, and S. Sharma, “Augmented reality learning environment to aid engineering students in performing practical laboratory experiments in electronics engineering,” Smart Learn. Environ., vol. 9, no. 1, p. 26, Aug. 2022, doi: 10.1186/s40561-022-00207-9.

N. Özdener and F. Demirci, “Determining Students’ Views about an Educational Game-Based Mobile Application Supported with Sensors,” Technol. Knowl. Learn., vol. 24, no. 1, pp. 143–159, Mar. 2019, doi: 10.1007/s10758-018-9368-x.

N. N. D. Kristanti and I. W. Sujana, “Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pembelajaran Kontekstual Muatan IPS pada Materi Kenampakan Alam,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 202–213, 2022, doi: 10.23887/jppp.v6i2.46908.

E. Ramdani, “Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter,” Jupiis J. Pendidik. Ilmu-Ilmu Sos., vol. 10, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.24114/jupiis.v10i1.8264.

B. Afifah, T. Widiyaningtyas, and U. Pujianto, “Pengembangan bahan ajar perakitan komputer bermuatan augmented reality untuk menumbuhkan keaktifan belajar siswa,” Tekno, vol. 29, no. 2, p. 97, 2019, doi: 10.17977/um034v29i2p97-115.

L. Kanti, S. F. Rahayu, E. Apriana, and E. Susanti, “Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dengan Model POE2WE Pada Materi Teori Kinetik Gas: Literature Review,” J. Pendidik. dan Ilmu Fis., vol. 2, no. 1, p. 75, 2022, doi: 10.52434/jpif.v2i1.1731.

I. Al Ikhsan, N. Supriadi, and W. Gunawan, “Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality: Materi Bangun Ruang Sisi Datar,” JKPM (Jurnal Kaji. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 2, p. 289, 2022, doi: 10.30998/jkpm.v7i2.12839.

Published
2023-08-29
Abstract views: 216 , Pdf downloads: 188