Analisis Minat Dan Perilaku Penggunaan E - Commerce Shopee Menggunakan Metode Unified Theory Of UTAUT 2

  • Dian Fikri Risqiana Dewi Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Dwi Januarita Ardianing Kusuma Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Diovianto Putra Rakhmadani Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: e-commerce, Shoppe, UTAUT 2

Abstract

Pasca pandemi Covid-19 terjadi peningkatan aktivitas belanja online sebesar 31% selama pandemi Covid-19. pada Shopee  Terjadi peningkatan transaksi sebesar 130% dan memiliki rata-rata kunjungan tertinggi perbulannya sebanyak 93,4 juta. Hal tersebut mendorong para pelaku bisnis e-commerce agar mampu beradaptasi dalam sisi pelayanan penjualan barang dan jasa.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang signifikan terhadap minat dan perilaku pengguna e-commerce Shopee dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of thecnology 2 (UTAUT 2) agar mampu meningkatkan penjualan e-commerce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap behavioral intention  adalah variabel social influence dengan T-statistik sebesar 2,150, p-value 0,032 dan variabel habit dengan nilai T-statistik sebesar 6,016, p-value 0,000. Sedangkan faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap use behavior adalah variabel habit  dengan nilai T-statistik sebesar 3,773, p-value 0,000 dan variabel behavioral intention dengan nilai T-statistik sebesar 3,355, p-value 0,001. Dari penelitian didapati kesimpulan bahwa pengembang Shopee agar dapat meningkatkan dari sisi layout sistem dan juga peningkatan intensitas notifikasi untuk mempromosikan produk agar dapat mempertahankan minat pengguna e-commerce shopee dalam berbelanja online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Ayu and A. Lahmi, “Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19,” J. Kaji. Manaj. Bisnis, vol. 9, no. 2, 2020, doi: 10.24036/jkmb.10994100.

T. Taufik and E. A. Ayuningtyas, “DAMPAK PANDEMI COVID 19 TERHADAP BISNIS DAN EKSISTENSI PLATFORM ONLINE,” J. Pengemb. Wiraswasta, vol. 22, no. 01, 2020, doi: 10.33370/jpw.v22i01.389.

Q. Aini, M. Budiarto, P. O. H. Putra, and U. Rahardja, “Exploring E-learning Challenges During the Global COVID-19 Pandemic: A Review,” J. Sist. Inf., vol. 16, no. 2, 2020, doi: 10.21609/jsi.v16i2.1011.

Y. Atutik and A. Umah, “Teten Kecewa Banyak UMKM Masih Belum Go Digital, Kenapa?,” CNBC Indones., 2020.

F. N. Afiana, P. Subarkah, and A. K. Hidayat, “Analisis Perbandingan Metode TAM dan Metode UTAUT 2 dalam Mengukur Kesuksesan Penerapan SIMRS pada Rumah Sakit Wijaya Kusuma DKT Purwokerto,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 19, no. 1, 2019, doi: 10.30812/matrik.v19i1.432.

S. Aprilisa and S. Samsuryadi, “Pengaruh Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2) Terhadap Penerapan Aplikasi Shopee,” Pros. Semin. Nas. Sains dan Teknol. Terap., vol. 3, no. 1, 2020.

S. KURNIAWAN, “Penerapan E-Learning Melalui Aplikasi Zoom Pada Mata Pelajaran Pai Dimasa Pandemic Covid-19,” Africa’s potential Ecol. Intensif. Agric., vol. 53, no. 9, 2020.

“PENGGUNAAN MODEL UNIFIED OF ACCEPTANCE AND USE TECHNOLOGY (UTAUT) UNTUK MENGANALISA FACTOR DETERMINAN FINTECH DI INDONESIA,” J. Ilm. M-Progress, vol. 11, no. 1, 2021, doi: 10.35968/m-pu.v11i1.604.

Sarmanu, Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Statistika. 2017.

T. M. C. Sutjipto, “Penerapan Adopsi Teknologi Model UTAUT untuk Sistem Layanan Samsat Terintegrasi Berbasis Mobile,” Manaj. Inform., vol. 10, no. 2, 2020.

Published
2023-08-29
Abstract views: 158 , Pdf downloads: 201