Analisis Penggunaan Aplikasi Pendidikan di Perangkat Bergerak Oleh Warganet Indonesia

  • Putra Islamy Risyah Universitas Islam Indonesia
  • Ahmad R Pratama Universitas Islam Indonesia
  • Irving Vitra Paputungan universitas islam indonesia
Keywords: Aplikasi pendidikan, Smartphone, tablet, Mobile learning, Pendidikan

Abstract

Perkembangan teknologi perangkat bergerak seperti Smartphone, tablet, dan Smartwatch berkembang sangat pesat. Beberapa tahun terakhir, Smartphone dan tablet dengan daya komputasi yang dianggap sudah sebanding dengan komputer desktop, memiliki peran penting di era digital ini. Perangkat bergerak ini banyak digunakan alat bantu dalam berbagai kegiatan manusia, baik itu dalam penggunaan sebagai alat komunikasi, pekerjaan harian, bahkan dalam pendidikan sudah mulai dimanfaatkan. Banyak developers mengembangkan aplikasi pendidikan berbasis Smartphone dan tablet sebagai sarana penunjang pendidikan, sehingga memudahkan siswa dan pendidik dalam proses belajar mengajar. Penggunaan perangkat bergerak dalam aktivitas pembelajaran disebut dengan Mobile learning. Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran umum saat ini dari penggunaan aplikasi pendidikan di perangkat bergerak oleh warganet Indonesia, mengeksplorasi penggunaan aplikasi pendidikan dan mensurvei kepuasan dari manfaat yang dirasakan dan kemudahan pengguna. Sehingga data yang sudah diproses cukup untuk mempresentasikan kondisi saat ini di Indonesia baik secara kuantitas maupun kualitas, termasuk variable yang mempengaruhi banyaknya penggunaan aplikasi Pendidikan di Indonesia, serta hasil dari kepuasan pengguna terhadap aplikasi Pendidikan yang digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

APJII. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146. https://apjii.or.id/survei

Sitepu. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. Rajawali Pers

Deni, D. (2012). Inovasi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya

Abu-Al-Aish, A., & Love, S. (2013). Factors influencing students’ acceptance of m-learning: An investigation in higher education. International Review of Research in Open and Distance Learning, 14(5), 82–107. https://doi.org/10.19173/irrodl.v14i5.1631

Mattjik, A., & Sumertajaya, I. (2013). Perancangan Percobaan dengan Aplikasi SAS dan Minitab. IPB Press

Guritno, S., Sudaryono, & Rahardja, U. (2011). Theory And Application Of IT Research: Metodologi Penelitian Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi

Virvou, Maria., Katsionis, George., & ManosAziz, Konstantinos (2005). Combining Software Games with Education: Evaluation of its Educational Effectiveness. Educational Technology & Society, 8 (2), 54-65

Christof, N., Ulf, K., Friedrich, F., & Rolf, S. (2003). (Why) Should We Use SEM? Pros and Cons of Structural Equation Modeling. Methods of Psychological Research Online, 8(2), 1–22

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan I: Ilmu Pendidikan Teoretis. Pedagogiana Press

AdminLP2M (2022). 10 Aplikasi Pendidikan Teratas, Definisi & Keunggulan. Artikel

Dwi, S. H. (2015). Adaptive and Engaging E‐learning: Inovasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan Jarak Jauh. Researchgate.Net

Ence, S. (2011). Pemanfaatan Mobile Learning Untuk Mengatasi Permasalahan Pemerataan dan Akses Pendidikan. Journal Universitas Pendidikan Indonesia

Georgieva Evgenia Tsvetozar, G., & Angel, S. (2004). M-Learning – a New Stage of E-Learning. International Conference on Computer Systems and Technologies - CompSysTech

Iqbal.m. (2018). Internet Berbasis Web Berupa Google Classroom pada Pembelajaran Matematika dapat Mempermudah Proses Pembelajaran dalam Masa Pandemi. Isnet.or.Id

Jefri, M. (2014). Studi Penggunaan Jejaring Sosial Edmodo Sebagai Media E-Learning Oleh Dosen Senior Yang Tidak Terbiasa Bekerja Dengan Komputer. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01)

Kunto, A. E. (2015). Quizlet : Penggunaan Aplikasi Smartphone untuk Siswa dalam Mendukung Mobile Learning. Publikasi Ilmiah UMS

Raf’ie, P. A. M. (2017). Investigating Daily Mobile Device Use Among University Students in Indonesia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 8-9 Novemb

Raf’ie, P. A. M., & L, S. L. (2019). Ownership and Use of Mobile Devices Among Adolescents in Indonesia. Sage Journals, 48(03)

Sugama, M., & Endah, W. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. Inomatika : Inovasi Matematika, 01(02)

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Alfabeta (ed.))

Syamsurijal. (2019). ARTIKEL SURVEY KEPUASAAN SISWA YANG BERLANGGANAN BIMBINGAN BELAJAR ONLINE RUANG GURU. Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 02(02)

Tri, L., & Anteng, W. (2013). PERANCANGAN MOBILE LEARNING MATA KULIAH SISTEM OPERASI BERBASIS ANDROID. Jurnal Teknik Industri, Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 03. no.01

Published
2023-08-24
Abstract views: 221 , PDF downloads: 126