Analisis Penggunaan Aplikasi Pendidikan di Perangkat Bergerak Oleh Warganet Indonesia
Abstract
Perkembangan teknologi perangkat bergerak seperti Smartphone, tablet, dan Smartwatch berkembang sangat pesat. Beberapa tahun terakhir, Smartphone dan tablet dengan daya komputasi yang dianggap sudah sebanding dengan komputer desktop, memiliki peran penting di era digital ini. Perangkat bergerak ini banyak digunakan alat bantu dalam berbagai kegiatan manusia, baik itu dalam penggunaan sebagai alat komunikasi, pekerjaan harian, bahkan dalam pendidikan sudah mulai dimanfaatkan. Banyak developers mengembangkan aplikasi pendidikan berbasis Smartphone dan tablet sebagai sarana penunjang pendidikan, sehingga memudahkan siswa dan pendidik dalam proses belajar mengajar. Penggunaan perangkat bergerak dalam aktivitas pembelajaran disebut dengan Mobile learning. Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran umum saat ini dari penggunaan aplikasi pendidikan di perangkat bergerak oleh warganet Indonesia, mengeksplorasi penggunaan aplikasi pendidikan dan mensurvei kepuasan dari manfaat yang dirasakan dan kemudahan pengguna. Sehingga data yang sudah diproses cukup untuk mempresentasikan kondisi saat ini di Indonesia baik secara kuantitas maupun kualitas, termasuk variable yang mempengaruhi banyaknya penggunaan aplikasi Pendidikan di Indonesia, serta hasil dari kepuasan pengguna terhadap aplikasi Pendidikan yang digunakan.
Downloads
References
APJII. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146. https://apjii.or.id/survei
Sitepu. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. Rajawali Pers
Deni, D. (2012). Inovasi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya
Abu-Al-Aish, A., & Love, S. (2013). Factors influencing students’ acceptance of m-learning: An investigation in higher education. International Review of Research in Open and Distance Learning, 14(5), 82–107. https://doi.org/10.19173/irrodl.v14i5.1631
Mattjik, A., & Sumertajaya, I. (2013). Perancangan Percobaan dengan Aplikasi SAS dan Minitab. IPB Press
Guritno, S., Sudaryono, & Rahardja, U. (2011). Theory And Application Of IT Research: Metodologi Penelitian Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi
Virvou, Maria., Katsionis, George., & ManosAziz, Konstantinos (2005). Combining Software Games with Education: Evaluation of its Educational Effectiveness. Educational Technology & Society, 8 (2), 54-65
Christof, N., Ulf, K., Friedrich, F., & Rolf, S. (2003). (Why) Should We Use SEM? Pros and Cons of Structural Equation Modeling. Methods of Psychological Research Online, 8(2), 1–22
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan I: Ilmu Pendidikan Teoretis. Pedagogiana Press
AdminLP2M (2022). 10 Aplikasi Pendidikan Teratas, Definisi & Keunggulan. Artikel
Dwi, S. H. (2015). Adaptive and Engaging E‐learning: Inovasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan Jarak Jauh. Researchgate.Net
Ence, S. (2011). Pemanfaatan Mobile Learning Untuk Mengatasi Permasalahan Pemerataan dan Akses Pendidikan. Journal Universitas Pendidikan Indonesia
Georgieva Evgenia Tsvetozar, G., & Angel, S. (2004). M-Learning – a New Stage of E-Learning. International Conference on Computer Systems and Technologies - CompSysTech
Iqbal.m. (2018). Internet Berbasis Web Berupa Google Classroom pada Pembelajaran Matematika dapat Mempermudah Proses Pembelajaran dalam Masa Pandemi. Isnet.or.Id
Jefri, M. (2014). Studi Penggunaan Jejaring Sosial Edmodo Sebagai Media E-Learning Oleh Dosen Senior Yang Tidak Terbiasa Bekerja Dengan Komputer. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01)
Kunto, A. E. (2015). Quizlet : Penggunaan Aplikasi Smartphone untuk Siswa dalam Mendukung Mobile Learning. Publikasi Ilmiah UMS
Raf’ie, P. A. M. (2017). Investigating Daily Mobile Device Use Among University Students in Indonesia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 8-9 Novemb
Raf’ie, P. A. M., & L, S. L. (2019). Ownership and Use of Mobile Devices Among Adolescents in Indonesia. Sage Journals, 48(03)
Sugama, M., & Endah, W. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. Inomatika : Inovasi Matematika, 01(02)
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Alfabeta (ed.))
Syamsurijal. (2019). ARTIKEL SURVEY KEPUASAAN SISWA YANG BERLANGGANAN BIMBINGAN BELAJAR ONLINE RUANG GURU. Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 02(02)
Tri, L., & Anteng, W. (2013). PERANCANGAN MOBILE LEARNING MATA KULIAH SISTEM OPERASI BERBASIS ANDROID. Jurnal Teknik Industri, Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 03. no.01
Copyright (c) 2023 PUTRA ISLAMY RISYAH, Ahmad Rafie Pratama, Irving Vitra Paputungan (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.