Learning Management System Berbasis Cloud dalam Model Pembelajaran Blended Learning Pada Fakultas Saintek UIN Raden Fatah

  • Nugraha rachmatullah Universitas Bina Darma Palembang
  • Dilla Mukarromah Universitas Bina Darma Palembang
  • Tata Sutabri Universitas Bina Darma Palembang
Keywords: Aksesibilitas, Analisis, Blended learning, Cloud-based, Kolaborasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi implementasi Learning Management System (LMS) berbasis cloud dalam model pembelajaran blended learning di Fakultas Saintek UIN Raden Fatah, yang dimana permasalahan selama ini adalah tidak diketahuinya pemanfaatab dari model pembelajaran blended learning di Fakultas Saintek UIN Raden Fatah . Penelitian ini dilakukan menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dari 150 mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Raden Fatah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan mengumpulkan data melalui studi literatur, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi LMS berbasis cloud memiliki manfaat dalam meningkatkan aksesibilitas, kolaborasi, pengelolaan konten, penilaian, dan analisis pembelajaran. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan teknologi dalam konteks pembelajaran blended learning dan memberikan wawasan bagi pengembangan lebih lanjut di Fakultas Saintek UIN Raden Fatah dan institusi pendidikan lainnya. Hasil yang diharapkan adalah pemahaman yang lebih baik tentang manfaat penggunaan LMS berbasis cloud dalam meningkatkan aksesibilitas terhadap materi pembelajaran, kolaborasi antara pengajar dan mahasiswa, efisiensi dalam pengelolaan konten pembelajaran, penilaian yang lebih terintegrasi, serta pelacakan dan analisis data pembelajaran.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

P. Mutu Pendidikan Tinggi Kamarudin and M. Gazali, “Konsep dan Implementasi Prototype Sistem Informasi Smart Campus dalam”.

R. , & S. P. M. I. Cahyana, “Otomatisasi Tugas Dalam Proses Pendaftaran dan Pemberkasan Mahasiswa Baru,” Journal Algoritma 19, vol. 1, pp. 18–24, 2021.

B. , K. V. A. , & Swidarto. Muflikah, “Analisis Penggunaan Tutorial Webinar di Masa Pandemi Covid-19 dengan Pendekatan Technology Acceptance Model Pada Universitas Terbuka,” Jurnal Manajemen Pendidikan, 2022.

A. Alias and A. M. Zainuddin, “Innovation for Better Teaching and Learning: Adopting the Learning Management System,” Malaysian Online Journal of Instructional Technology, vol. 2, no. 2, pp. 27–40, 2005.

V. M. Bradley, “Learning Management System (LMS) Use with Online Instruction,” International Journal of Technology in Education, vol. 4, no. 1, p. 68, Dec. 2020, doi: 10.46328/ijte.36.

A. T. Wibowo, I. Akhlis, and S. E. Nugroho, “Pengembangan LMS (Learning Management System) Berbasis Web untuk Mengukur Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa,” Scientific Journal of Informatics, vol. 1, no. 2, 2014, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/sji

N. Rachmatullah, “Perancangan Aplikasi Bina UMKM Bank Sumsel Berbasis Website untuk Meningkatkan Value Penjualan,” pp. 198–201, 2021.

T. Irawati, E. Rimawati, and N. A. Pramesti, “Penggunaan Metode Technology Acceptance Model (TAM) DalamAnalisis Sistem Informasi Alista (Application Of Logistic And Supply Telkom Akses),” is The Best Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise this is link for OJS us, vol. 4, no. 2, pp. 106–120, Jan. 2020, doi: 10.34010/aisthebest.v4i02.2257.

V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, and P. B. A. A. Putra, “Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online,” Jurnal Sains dan Informatika, vol. 5, no. 2, pp. 128–137, Dec. 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.

“JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing).” [Online]. Available:http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicomTelp.+62-21-3905050,

U. Kristen Satya Wacana, L. Rina Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Kristen Satya Wacana, and A. Sugiarto Prodi Manajemen Universitas Kristen Satya Wacana, “Magister Manajemen Pendidikan FKIP Learning Management System sebagai Cloud Storage dalam Pembelajaran berbasis Digital pada Jenjang Pendidikan Tinggi,” no. 9, pp. 163–178.

A. Fauzi, D. Ade, and A. Hendriadi, “ANALISIS PENGELOLAAN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN IT INFRASTRUCTURE LIBRARY VERSI 3.0 AREA SERVICE OPERATION (STUDI KASUS: UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG).”

Published
2023-08-15
Abstract views: 164 , PDF downloads: 132