Permodelan UML Untuk Peracangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Jaringan Gigi Menggunakan Teorema Bayes

  • Finanta Okmayura Universitas Muhammadiyah Riau
  • Impian Sefria Nanda Universitas Muhammadiyah Riau
  • Bestari Aulia Ananda Universitas Muhammadiyah Riau
  • Nurul Azani Universitas Muhammadiyah Riau
  • Khairiyah Alifya Azizah Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Kata kunci: UML, Teorema Bayes, Penyakit Jaringan Gigi

Abstract

Beberapa warga masih  kurang pengetahuan dalam mengerti penyakit tulang keras yang berwarna putih di dalam mulut yang dikenal dengan istilah gigi mengakibatkan beberapa warga yang menyangkal mengetahui dampak asal penyakit tadi. Penyakit jaringan gigi adalah penyakit yang menyerang enamel, glasir, dentin, sementum, bahkan tulang gigi. Penelitian ini membahas perihal perbuatan rancangan sistem ahli untuk mendiagnosis karies gigi dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML). Perbuatan rancangan sistem ini mendeteksi TMD (Temporomandibular Disorders) dan Edentoulus Ridge. Metode sini diciptakan dengan menggunakan metode Teorema Bayes buat membantu para ahli mendiagnosis penyakit yang diderita pasien. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini akan berupa perbuatan rancangan aplikasi sistem cerdas berbasis mobile.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Hafiz, Lukman, and Desi Andreswari. 2018. 6 Jurnal Rekursif Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Tulang Berbasis Web Menggunakan Metode Forward Chaining. http://ejournal.unib.ac.id/index.php/rekursif/.

Azmi, Zulfian, and Kurniadi Syahputra. 2018. “JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing ) Implementasi Teorema Bayes Untuk Mendiagnosis Tingkat Stres.” Jln. Salemba I 2(1)

Bidang, Perspektif, and Akuntansi Agustinus Mujilan. 2017. Analisis Dan Perbuatan rancangan Sistem. http://feb.widyamandala.ac.id.

Dewi, O K, and A S Purnomo. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kelamin Dengan Teorema Bayes.

Indah Ramadani Lubis, Nur, and Jufri Halim. 2022. “Sistem Pakar Mendiagnosis Penyakit Ephelis (Flek Hitam) Pada Kulit Wajah Menggunakan Metode Teorema Bayes.” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD) 5(1): 33–44. https://ojs.trigunadharma.ac.id/.

Munaiseche, CPC et al. 2018. “Implementasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Jantung Pada Manusia.” efrontiers Jurnal Frontiers 1(2): 201. www.unima.ac.id/lppm/.

Okmayura, Finanta, and Noverta Effendi. 2019. “Rancang Bangun Sistem Pakar Untuk Identifikasi Dini Pelaku Bullying Pada Remaja Menggunakan.” Journal of Education Informatic Technology and Science (JeITS) 1.

Vitriani, V., Okmayura, F., & Satria, R. 2022. “Analisis Dan Perbuatan rancangan Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Publik Menggunakan Unified Modeling Language (UML)”. Simtika, 5(1), 27–34.

Sembiring Milala, Junasti. 2021. “J-SISKO TECH Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer TGD Sistem Pakar Untuk Pendiagnosaan Karies Gigi Menggunakan Teorema Bayes.” 4(1): 103–11.

Kaleluku, A.P (2021). SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA ANJING JENIS HERDER DENGAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING. (Skripsi Sarjana, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer).

Bahar and Depy Wahyu Pratama. 2017. Jutisi (Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi) “Penerapan Teorema Bayes Dalam Sistem Pakar Untuk Perundingan medis Siswa Bermasalah.”6(2) : 1449 – 1588./

Published
2023-05-21
Abstract views: 360 , pdf downloads: 414