Sistem Pakar Deteksi Dini Autisme Pada Anak Balita Menggunakan Metode Forward Chaining
Abstract
Autisme adalah subtipe dari suatu kondisi yang mempengaruhi perkembangan dan disebut sebagai gangguan spektrum autisme (ASD). Masalah yang bersifat neurobiologis parah yang merusak fungsi otak normal telah terlibat sebagai penyebab potensial autisme. Anak-anak yang mengalami gangguan ini lebih sulit terlibat dalam kegiatan sosial dan berkomunikasisecara efektif dengan orang lain, yang merupakan salah satu tanda autisme. Orang tua dapat menggunakan sistem secara efektif dengan mendasarkan keputusan mereka pada gejala yang ditunjukkan anak mereka, yang memungkinkan deteksi dini. Untuk mengurangi jumlah kasus diagnosis yang salah, ada kebutuhan mendesak untuk pengembangan sistem yang akan membantu profesional medis dalam membuat diagnosis autisme yang lebih sederhana dan lebih andal. Sistem ini juga perlu membantu dalam perumusan rekomendasi dan pembentukan model diagnostik yang mampu mengevaluasi setiap hambatan dan kesulitan yang dihadapi oleh kaum muda. Memanfaatkan sistem pakar sebagai sarana untuk melaksanakan implementasi ini adalah salah satu tindakan yang mungkin dilakukan. Selama pemeriksaan mereka, para peneliti menggunakan metodologi yang dikenal sebagai forward chaining. Metode ini melibatkan penelusuran transisi yang dimulai dengan fakta dan mencari aturan yang sesuai dengan hipotesis yang ada sampai ke kesimpulan. Temuan pengujian black box menunjukkan bahwa fungsionalitas sistem berjalan efektif, sedangkan hasil User Acceptance Test (UAT) menunjukkan nilai 81,05% dengan kategori Sangat Baik. Kami sekarang memiliki temuan pengujian kotak hitam berkat fakta bahwa konstruksi sistem pakar berjalan lancar.
Downloads
References
Febrianti, Y. (2020). Gambaran Status Ekonomi Keluarga terhadap Status Gizi Balita (BB/U) di Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. Skripsi, 2(1), 5–7.
Joon, P., Kumar, A., & Parle, M. (2021). Apa itu autisme?
Putri, R. A. (2018). Sistem Pakar. 14(1), 75–86.
Setiaji, A. K. (2020). SISTEM PAKAR UNTUK MENETUKAN TIPE AUTISME PADA ANAK USIA 7-10 TAHUN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING. Jurnal Ekonomi Volume 18, Nomor 1 Maret201, 2(1), 41–49.
TJ Sitinjak, D. D. J., Maman, & Suwita, J. (2020). ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KURSUS BAHASA INGGRIS PADA INTENSIVE ENGLISH COURSE DI CILEDUG TANGERANG. 8(1).
Amarul Ma’ruf, L. A., Kartika, C., & Wiguna, C. (2020). Black Box Testing Boundary Value Analysis Pada Aplikasi Submission System. Edik Informatika, 6(2), 15–22. https://doi.org/10.22202/ei.2020.v6i2.3995.
Sabaruddin, R., & Eka Jayati, W. (2020). JAGO NGODING PEMROGRAMAN WEB DENGAN PHP UNTUK PEMULA (Issue January).
Pusdatin Kemendikbud, I. (2020). Statistik Pendidikan Luar Biasa 2019-2020. Pusat Data Dan Teknologi Informasi., 1(1), 195.
Rachman, R. (2019). Penerapan Sistem Pakar Untuk Diagnosa Autis Dengan Metode Forward Chaining. Jurnal Informatika, 6(2), 218–225. https://doi.org/10.31311/ji.v6i2.5522.
Rozaq, A. (2019). ARTIFICIAL INTELLIGENCE Untuk Pemula.
Hidayat, T., & Putri, H. D. (2019). Pengujian Portal Mahasiswa pada Sistem Informasi Akademik (SINA) menggunakan Black Box Testing dengan Metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis. Jurnal Informatika Pengembangan IT (JPIT), 7(1), 83–92.
Nurudin, M., Jayanti, W., Saputro, R. D., Saputra, M. P., & Yulianti. (2019). Pengujian Black Box pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Teknik Boundary Value Analysis. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 4(4), 143. https://doi.org/10.32493/informatika.v4i4.3841.
Anardani, S., & Putera, A. R. (2019). Analisis Pengujian Sistem Informasi Website E-Commerce Manies Group Menggunakan Metode BlackBox Functional Testing. Prosiding.Unipma.Ac.Id, 1–4. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHP/article/viewFile/768/740.
Jaya, T. S. (2018). Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung). Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 03(02).
Yanto, B. F., Werdiningsih, I., & Purwanti, E. (2017). Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Anak Bawah Lima Tahun Menggunakan Metode Forward Chaining. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 3(1), 61. https://doi.org/10.20473/jisebi.3.1.61-67.
Nurdin, M. A., & Hermawan, I. (2017). Analisis Dan Pengembangan Aplikasi Inhouse Klinik Perusahaan Menggunakan Framework Codeigniter, Studi Kasus PT.Reckitt Benckiser Indonesia. Journal Teknologi Terpadu, 3(1), 1–7. http://www.jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/208/231.
Pallangan, M. T., Poekoel, V. C., & Sambul, A. (2017). Sistem Pakar Diagnosa Autisme pada Balita Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika, 10(1), 1–7. https://doi.org/10.35793/jti.10.1.2017.15804.
Maharani, R., & Aman, M. (2017). SISTEM INFORMASI NILAI SISWA BERRBASIS WEB PADA SMA NEGERI 19 KAB. TANGERANG. 5(2).
Dahria, M. (2014). Kecerdasan buatan ( Artificial Intelligence ). Artificial Intelligence, 1(2), 1–10.
Rika Rosnelly. (2003). “Sistem Pakar Konsep dan Teori”. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Psychiatric, A. A. (2015). DIAGNOSTIC AND STATISTICAL MENTAL DISORDERS MANUAL OF MENTAL DISORDER (DSM-5). In The 5-Minute Clinical Consult Standard 2016: Twenty Fourth Edition (5th ed.). https://doi.org/10.4324/9780429286896-12.
Pritchard, M. A., De Dassel, T., Beller, E., Bogossian, F., Johnston, L., Paynter, J., Russo, S., & Scott, J. (2016). Autism in toddlers born very preterm. Pediatrics, 137(2). https://doi.org/10.1542/peds.2015-1949
Achenie, L. E. K., Scarpa, A., Faktor, S., Robins, D. L., & Mccrickard, D. S. (2019). Strategi Pembelajaran Mesin untuk Skrining Autisme pada Balita. 5.
Na`am J., Harlan J., Madenda S., and Wibowo E. P. 2016. Identification of the Proximal Caries of Dental X-Ray Image with Multiple Morphology Gradient Method. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology (IJASEIT), 6(3), pp. 343-346. doi:10.18517/ijaseit.6.3.827.
Na`am J., 2017. Edge Detection on Objects of Medical Image with Enhancement multiple Morphological Gradient (EmMG) Method. 4th Proc. EECSI. 23-24 Sep. 2017. Yogyakarta: Indonesia. doi=10.1109/EECSI.2017.82390
Copyright (c) 2023 Rudy Asrianto (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

