APLIKASI E-TRAINING BERBASIS KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM PADA MASA PANDEMI
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan Aplikasi E-Training berbasis Knowledge Management System pada masa pandemi. Penelitian ini dilaksanakan sebagai upaya memberikan kontribusi dalam mendukung kebijakan pemerintah terkait dengan pembatasan physical dan social distancing pada masa pandemi Covid-19 ini. Penelitian ini akan diimplementasikan oleh guru Sekolah Menengah Kejuruan Muhamaddiyah 2 Pekanbaru dalam rangka meningkatkan kompetensi profesionalnya. Mengingat kompetensi profesional merupakan kompetensi yang sangat dibutuhkan oleh seorang guru dalam menunjang proses pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten dan harus dilakukan secara berkelanjutan. Semua guru dapat saling berbagi pengetahuan, pengalaman, baik dalam bidang pembelajaran, karir ataupun kepakaran. Sehingga dengan demikian akan terwujud kesatuan guru yang memiliki kompetensi profesional unggul, menjadi fasilitator dan pathner bagi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam menghantarkan siswa meraih cita-citanya. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan aplikasi E-Training berbasis Knowledge Management System pada masa pandemi sehingga dapat meningkatkan kompetensi peserta sesuai dengan bidang keahliannya dan mengungkapkan validitas, praktikalitas dan efektivitas aplikasi E-Training berbasis Knowledge Management System. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development, dengan 10 langkah atau tahapan penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau dengan mengambil sampel guru-guru SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Penelitian direncanakan akan menghasilkan Aplikasi E-Training berbasis Knowledge Management System, Buku panduan pelatihan, Buku petunjuk penggunaan aplikasi sebagai administrator dan user. Untuk luaran penelitian dengan target publish artikel ilmiah pada jurnal Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP), jurnal nasional terakreditasi Sinta 2, HAKI dan aplikasi tepat guna. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan kemudahan bagi guru-guru untuk melaksanakan pelatihan dalam rangka meningkatkan kompetensinya secara berkelanjutan.
Downloads
References
Saleewong, D., Suwannatthachote, P., & Kuhakran, S. (2012). Case-Based Learning on Web in Higher Education: A Review of Empirical Research. Creative Education, 03(08), 31–34. https://doi.org/10.4236/ce.2012.38b007
Wardhana, A. C., Nurhadryani, Y., Wahjuni, S., Komputer, D. I., Informatika, F., & Korespondensi, P. (2020). Knowledge Management System Berbasis Web Tentang Budidaya Web-Based Knowledge Management System Concerning Hydroponic Cultivation To Support Smart Society. 7(3). https://doi.org/10.25126/jtiik.202072200
Kaniawulan, I., Muttaqin, M. R., Ulhaq, D., Studi, P., Informatika, T., Studi, P., Mesin, T., & Korespondensi, P. (2020). Sistem Manajemen Pengetahuan Forum Diskusi Dosen Knowledge Management System of Lecturer Discussion Forum. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 7(1), 51–58. https://doi.org/10.25126/jtiik.202071258
Perdana, E. M., Manongga, D., & Iriani, A. (2019). Model Konseptual bagi Pengembangan Knowledge Management di SMA Menggunakan Soft System Methodology. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6 (2), 169. https://doi.org/10.25126/jtiik.201962932
Wei, M. H., Chen, X. Z., Zhan, X. X., Zhang, Z. X., Yu, S. J., & Yan, W. R. (2019). The effect of a web-based training for improving primary health care providers’ knowledge about diabetes mellitus management in rural China: A pre-post intervention study. PLoS ONE, 14(9), 1–11.https://doi.org/10.1371/journal.pone.0222930
Wijaya, A. E. (2017). Knowledge Management System Model pada Forum diskusi Petani Buah Naga menggunakan CMS phpBB. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(1), 44. https://doi.org/10.25126/jtiik.201741150
Prasetyo, T. I., & Gintoro, G. (2010). Pengembangan Model Pelatihan Online Berbasis Web Untuk Keunggulan Bersaing Pada Pt Intellisys Tripratama.
CommIT (Communication and Information Technology) Journal, 4(2), 109. https://doi.org/10.21512/commit.v4i2.544
Nurwegiono, M., Nurdiati, S., & Wijaya, S. H. (2020). Pengembangan Sistem Manajemen Pengetahuan di Organisasi Asosiasi Alumni Program Beasiswa Amerika -Indonesia (ALPHA-I). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(3), 511. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020712249
Ali, G., Rukun, K., & Syahril, S. (2017). Training Model-Based Knowledge Management System for Vocational High School Teachers Skills Engineering Computer Network. 00(00), 186–193. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17618
Rukun, K., Ali, G., Huda, A., Irfan, D., & Ihsan, M. (2018). The Practicality of Training Models Based on Knowledge Management System. Proceedings of the 5th Upi International Conference on Technical and Vocational Education and Training (Ictvet 2018), 299(Ictvet 2018), 118–122.
Vitriani, Ali, G., Nanda, D. W., Syahril, Desnelita, Y., Satria, R., & Verawadina, U. (2020). The validity of training models based on knowledge management systems. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12(12), 726–741
Copyright (c) 2023 vitriani vitri, Gunawan Ali Gunawan, Finanta Okmayura Fina, Robby Satria Robby (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

