Decision Tree Dalam Analisis Keputusan Pembelian Program Pada Perkumpulan Penggiat Programmer Indonesia

  • Fenilinas Adi Artanto Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Imam Rosyadi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Siti Elisa Rahmawati Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Haifan Tri Buwono Joyo Pangestu Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Keywords: Programming, Decision Tree, Data Mining

Abstract

Perkumpulan Penggiat Programmer Indonesia adalah sebuah perkumpulan programmer yang menjadi wadah bagi programmer untuk menjual program yang mereka buat atau menjadi tempat dalam penjualan jasa pembuatan sebuah program. Tentunya dalam membeli sebuah program pasti akan ada beberapa alasan yang akan membuat pembeli tertarik dan akhirnya membeli produk pemrogramman. daar ataupun faktor dalam membeli sebuah program bisa digunakan sebagai salah satu acuan dalam pengembangan sebuah produk pemrogramman yang nantinya kan menarik untuk untuk dibeli oleh konsumen. analisa faktor-faktor pendukung keputusan dalam membeli program menjadi dasar pengembangan. dilakukan. Digunakanya metode data mining dalam menganalisis faktor-faktor keputusan pembelian konsumen.  algoritma yang digunakan adalah decision tree dikarenakan algoritma tersebut memiliki keunggulan dalam kemudahan dalam membaca hasil analisis karena tersaji dalam bentuk pohon keputusan. dari algortima decision tree didapatkan bahwa kecepatan pengerjaan dan kemudahan dalam mengunakan produk menjadi alasan konsumen untuk membeli produk di Persatuan Penggiat Programmer Indonesia dengan tingkat akurasi sebesar 83,33%. nantinya para programmer di Perkumpulan Pengiat Programmer Indonesia bisa meningkatkan pembelian produk dengan meningkatkan kecepatan dalam menyelesaikan produk dan kemudahan dalam penggunaan produk pemrogramman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditia, F., & Suhaji. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian B aju “ MINT ” Di Counter Java Mall Semarang. Sekolah Tinggi Ilmi Ekonomi Widya Manggala, 1–24.
Artanto, F. A., Fahlevi, R., & Rachmayani, N. A. (2021). Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Pada Hubungan Kepuasan Konsumen Terhadap Produk. Surya Informatika, 10(1), 49–54. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009
Ayub, M. (2018). Proses Data Mining dalam Sistem Pembelajaran Berbantuan Komputer. May, 21–30.
Elisa, E. (2017). Analisa dan Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Data Mining Untuk Mengidentifikasi Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Kerja Kontruksi PT.Arupadhatu Adisesanti. Jurnal Online Informatika, 2(1), 36. https://doi.org/10.15575/join.v2i1.71
Fatkhudin, A., Khambali, A., & Artanto, F. A. (2021). Decision Tree Dalam Mengklasifikasi Mata Kuliah Terhadap Pemahaman Sistem Pemasaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas …, 7(2), 52–55. http://ejournal.fikom-unasman.ac.id/index.php/jikom/article/view/204
Kusumawardani, H. H., Rosyadi, I., Artanto, F. A., Arzha, F. I., & Rachmayani, N. A. (2022). Analisis Decision Tree dalam Pengaruh Digital Marketing terhadap Penerimaan Siswa Baru. Remik, 6(April), 225–231.
Mardi, Y. (2017). Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5. Jurnal Edik Informatika, 2(2), 213–219.
Marleny, F. D., & Mambang. (2015). Prediksi Calon Mahasiswa Baru Mengunakan Metode Klasifikasi Decision Tree. CSRID Journal, 7(1), 46–54.
Nasrullah, A. H. (2018). Penerapan Metode C4.5 untuk Klasifikasi Mahasiswa Berpotensi Drop Out. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), 244–250. https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i2.300.244-250
Rifqi Firdaus, M., Silvi Purnia, D., Handayani, K., & Fahmi Julianto, M. (2020). Analisis Pengukuran Kualitas Website Cakrawalamedia.Co.Id Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), 4(1), 1–7.
Santosa, S., & Artanto, F. A. (2015). PREDIKSI LOYALITAS PELANGGAN TELEKOMUNIKASI MENGGUNAKAN LOGISTIC REGRESSION DENGAN SELEKSI FITUR PARTICLE SWARM OPTIMIZATIONssion Dengan Seleksi Fitur Particle Swarm Optimization. 11(April), 90–99.
Sari, Y. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Industri Garment. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 2(1), 255160.
Setio, P. B. N., Saputro, D. R. S., & Bowo Winarno. (2020). Klasifikasi Dengan Pohon Keputusan Berbasis Algoritme C4.5. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 64–71.
Published
2022-12-30
Abstract views: 215 , PDF downloads: 335