PENENTUAN KEBIJAKAN MAINTENANCE PADA MOTOR CONVEYOR MB 23 DENGAN MENGGUNAKAN METODE RCM (RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE) DI PT. INDAH KIAT PULP AND PAPER

  • Dedi Dermawan
  • Faradila Ananda Yul Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Conveyor, Interval Pemeriksaan, Maintenance, RCM

Abstract

  1. Indah Kiat Pulp and Paper merupakan industri dibidang bubur kertas dan kertas yang sangat membutuhkan supply energi listrik untuk menjalankan produksinya. Supply energi listrik di PT. Indah Kiat Pulp and Paper yaitu Boiler dan Turbin Generator merupakan sumber listrik yang digunakan dalam menjalankan produksi. Pada proses boiler terdapat berbagai komponen untuk jalannya produksi salah satunya adalah conveyor sebagai alat transportasi keruang bakar boiler. Berdasarkan hasil pengamatan dan melihat data pada data downtime conveyor diketahui bahwa frekuensi terjadinya kerusakan pada conveyor terbilang cukup tinggi yaitu 120,00 jam/bulan yang mengakibatkan semakin seringnya aktivitas produksi terhenti. Untuk mengoptimalkan kinerja pada komponen conveyor perlu dilakukan analisa kebijakan perawatan dan kegiatan maintenance menggunakan metode Reliability Centered Maintenance (RCM). Sistem kritis dengan downtime tertinggi adalah Motor yang akan ditentukan kebijakan dan kegiatan perawatan maintenance menggunakan RCM. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan RCM, didapat 1 kebijakan perawatan efektif yaitu TD (Time Directed) dan kegiatan maintenance yang tepat adalah Reactive/Preventive Maintenance dan Inspection Maintenance. Didapat dari perhitungan rata-rata waktu perbaikan/pergantian dengan waktu 11,7370 jam, dan waktu interval pemeriksaan 5,6658 jam sekali dilakukan pemeriksaan pada motor conveyor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Ahmad, Alghofari K, 2006, Perencanaan Pemeliharaan Mesin Ballmill Dengan Basis RCM. Surakarta. Un-Muhammadiyah.
[2] Edward, Widayana K, 2004, Peningkatan Keandalan Pada Sistem Pompa Produce Water Disposal Dangan Menggunakan Pendekatan Reliability Centered Maintenance Study Kasus di VICO Indonesia. Surabaya : Teknik Industri ITS.
[3] Mohammad T.A, Salman S, & Teguh, 2009, Penerapan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) Berbasis Web Pada sistem Pendingin di Reaktor Serba Guna GA. Yogyakarta.
Published
2020-02-22
How to Cite
Dermawan, D., & Yul, F. A. (2020). PENENTUAN KEBIJAKAN MAINTENANCE PADA MOTOR CONVEYOR MB 23 DENGAN MENGGUNAKAN METODE RCM (RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE) DI PT. INDAH KIAT PULP AND PAPER. Jurnal Surya Teknika, 6(1), 32-37. https://doi.org/10.37859/jst.v6i1.1864
Abstract views: 416 , Pdf downloads: 565

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>