RANCANG BANGUN VIRTUAL TOUR REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA DI PROPINSI RIAU

  • Yulia Fatma Universitas Muhammadiyah Riau
  • Regiolina Hayami Universitas Muhammadiyah Riau
  • Arif Budiman Universitas Muhammadiyah Riau
  • Yoze Rizki Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: virtual tour reality, promosi, pariwisata, riau, android

Abstract

Abstract

Riau has many new tourist attractions that are no less attractive to tourist attractions that are already well-known in other regions of Indonesia, but are not widely known by domestic and foreign tourists. So far, the promotion of tourist attractions is only based on writing and photos of one side that is less interactive. Increasing the promotion of tourism locations is needed to increase the interest of tourists to visit the place. One effort that can be done in the development of media promotion of tourist attractions is to use current technological developments, such as a Virtual Tour application. Virtual Reality (VR) application which is designed to be used as a medium of information and tourism promotion in Riau province. The impression of a virtual reality tour using 360°degree photos makes users feel as if they are in the environment. The research method used is the ADDIE development model which consists of five stages which include analysis, design, development, implementation and evaluation. The sample data was used as many as 18 tourism sites taken from 3 districts namely Pekanbaru City, Kampar and Rokan Hulu. Based on the results of the study obtained all the functions of the application run well and are expected to help tourists and the public provide information about the location of tourist attractions and can increase the potential of tourism in the province of Riau, especially Pekanbaru City.

Keywords: virtual reality tour, promotion, tourism, riau, android

Abstrak

Riau memiliki banyak tempat – tempat wisata baru yang tidak kalah menariknya dengan tempat wisata yang sudah terkenal di daerah lainnya di Indonesia, tetapi belum banyak diketahui oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Selama ini promosi tempat wisata hanya berdasarkan tulisan dan foto satu sisi yang kurang interaktif. Meningkatkan promosi lokasi pariwisata diperlukan untuk meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke tempat tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam pengembangan media promosi tempat wisata adalah dengan menggunakan perkembangan teknologi saat ini, seperti sebuah aplikasi Virtual Tour. Aplikasi Virtual Reality (VR) yang dirancang digunakan sebagai media informasi dan promosi pariwisata provinsi Riau. Kesan virtual tour reality menggunakan foto 360° derajat membuat pengguna dapat merasa seolah-olah berada di dalam lingkungan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Model pengembangan  ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Data sampel digunakan sebanyak 18 tempat pariwisata yang diambil dari 3 kabupaten yaitu Kota Pekanbaru, Kampar dan Rokan Hulu. Berdasarkan hasil penelitian didapat semua fungsi aplikasi berjalan dengan baik dan diharapkan dapat membantu wisatawan serta masyarakat memberikan informasi tentang lokasi tempat wisata dan dapat meningkatkan potensi pariwisata di propinsi Riau khususnya Kota Pekanbaru.

Kata kunci: virtual tour reality, promosi, pariwisata, riau, android.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Nasuha Nasution, 2018. Sektor Pariwisata Jadi Primadona Baru di Riau dengan Tangan Dingin Gubernur Sektor Pariwisata Jadi Primadona Baru di Riau dengan Tangan Dingin Gubernur[Online](Updated 28 Januari 2018)
Available at:
https://pekanbaru.tribunnews.com/2018/01/28/sektor-pariwisata-jadi-primadona-baru-di-riau-dengan-tangan-dingin-gubernur?page=all [Accessed 15 April 2018]
[2] Ni Made Ary Widiastini. Nyoman Dini Andiani. Trianasari. Strategi Pemasaran Pariwisata Di Kabupaten Buleleng, Bali. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. 2012; Vol. 1, No. 1 : Halaman. 11.
[3] Osman A, N. A. Wahab, & M. H. Ismail. 2009. Development and Evaluation of an Interactive 360° Virtual tour for Tourist Destinations, Journal of Information Technology Impact.
[4] Nata, G. N. M. (2017). Aplikasi Virtual Tour Guide Sebagai Promosi Pariwisata Bali. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 11(2), 73-79.
[5] Waraney Sumayku P. F. Waraney, Virginia Tulenan, Alicia A. E. Sinsuw. Pengembangan Virtual Tour Potensi Wisata Baru Di Sulawesi Utara menggunakan Teknologi Video 360°. E-Journal Teknik Informatika Vol 12, No 1.
[6] S. J. Mcgriff, “Instructional System Design ( ISD ): Using the ADDIE Model,” Instr. Syst. Coll. Educ. Penn State Univ., p. 2, 2000.
[7] N. A. . Zin, W. S. Yue, and A. Jaafar, “Digital game-based learning (DGBL) model and development methodology for teaching history,” WSEAS Trans. Comput., vol. 8, no. 2, pp. 322–333, 2009.
[8] Marziah Karch, 2019. What Is an Android Photo Sphere?[Online](Updated 1 Juli 2019)
Available at:
https://www.lifewire.com/what-is-android-photo-sphere-1616136 [Accessed 16 Agustus 2019]
[9] Unity, "Game engine, tools and multi platfrom," Unity, [Online]. Available: http://unity3d.com/unity. [Accessed 5 Mei 2018].
[10] Pramudita, D.A. 2015. Pengembangan Aplikasi Artopeng sebagai Media Pengenalan Topeng Adat di Museum Sonobudoyo dengan teknologi Augmented Reality berbasis Desktop. Universitas Negeri Yogyakarta.
Published
2019-11-14
Abstract views: 2144 , PDF downloads: 1748