APLIKASI PERHITUNGAN HARGA PREMI ASURANSI KEBAKARAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP)

  • REGIOLINA HAYAMI FAKULTAS ILMU KOMPUER - UMRI
Keywords: Analytic Network Process, Asuransi Kebakaran, Tarif Premi

Abstract

Asuransi kebakaran adalah produk asuransi yang menjamin kerugian atau kerusakan harta benda yang dipertanggungkan yang secara langsung disebabkan oleh kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat, dan asap.  Tarif premi untuk asuransi kebakaran berbeda-beda sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan perusahaan. Banyaknya aturan yang harus diperhatikan menyebabkan lamanya proses dalam penentuan tarif premi ini. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dibangunlah suatu aplikasi untuk menentukan harga tarif premi asuransi kebakaran menggunakan Metode Analytic Network Process (ANP). Metode ANP ini digunakan untuk menghitung bobot setiap kriteria dan subkriteria yang digunakan dalam menentukan tarif premi asuransi kebakaran. Hasil pengujian blackbox dan metode menunjukan bahwa fungsi-fungsi pada aplikasi telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan perhitungan tarif premi asuransi pada aplikasi telah sesuai dengan perhitungan tarif premi pada perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa Metode ANP dapat diterapkan untuk menghitung bobot kriteria dan subkriteria pada perhitungan tarif premi asuransi. Dengan adanya aplikasi ini maka dapat membantu memudahkan karyawan dalam mengelola perhitungan premi asuransi kebakaran dengan cepat, akurat dan efisien.

References

[1]. Arifa, Rangga. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Dana Zakat Menggunakan Metode ANP (Analytic Network Process). Pekanbaru: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
[2]. Destari, Ratih Adinda. 2016. Sistem Rangking Pemanfaatan Susu Bayi Menggunakan Analytical Network Process (ANP). Medan: UNIVERSITAS POTENSI UTAMA.
[3]. Gustriansyah, Rendra. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi Dengan Metode Anp Dan Topsis. Yogyakarta: UNIVERSITAS INDO GLOBAL MANDIRI.
[4]. Marlina, Dwi dkk. 2014. Sistem Keputusan Metode Belajar Baca Pada Anak Taman Kanak-Kanak Dengan Metode Analytical Network Process (Anp). Yogyakarta: STMIK AMIKOM YOGYAKARTA.
[5]. Neyfa, Bella Chintya & Tamara, Dony. 2016. Perancangan Aplikasi E-Canteen Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Object Oriented Analysis & Design (OOAD). Jakarta: POLITEKNIK NEGERI JAKARTA.
[6]. Otoritas Jasa Keuangan. 2017. Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Tentang Penetapan Tarif Premi Atau Konstribusi Pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda Dan Asuransi Kendaraan Bermotor Tahun 2017. Jakarta.
[7]. Pungkasanti, Prind Triajeng & Handayani, Titis. 2017. Penerapan Analytic Network Process (Anp) Pada Sistem Pendukung Keputusan. Semarang: UNIVERSITAS SEMARANG.
[8]. Rohendi, Keukeu & Putra, Ilham Eka. 2016. Simulasi Perhitungan Premi Dan Klaim Asuransi Berbasis Web (Studi Kasus : PT Asuransi Sinarmas Padang). Padang: STMIK INDONESIA PADANG.
[9]. Tahel, Fithry & Kurniawan, Helmi. 2014. Sistem Pembuatan Keputusan Penetapan Calon Sertifikasi Dosen Menggunakan Analytical Network Process (Anp). Medan: STMIK POTENSI UTAMA.
[10]. Yanto, Budi. 2016. Sistem Pendukung Keputusan dalam Pemilihan Alternatif Pengelolaan Limbah Kelapa Sawit Metode Analityc Network Process (ANP) dan (BCOR) (Studi Kasus : PT Perkebunan Nusantara V Sei Tandun Rokan Hulu). Rokan Hulu: UNIVERSITAS PASIR PANGARAIAN.
Published
2019-08-11
Halimul
Abstract views: 7
downloads: 4
s