MEMPELAJARI DAYA INHIBISI ION CU2+ DAN CA2+ SERTA POLA INHIBISINYA TERHADAP ENZIM AKONITASE YANG DIISOLASI DARI BUAH KALIKIH ALANG (RICINUS COMMUNIS)

  • Riryn Novianty Universitas Riau
  • Zulkarnain Chaidir Universitas Riau
  • Elida Mardiah Universitas Andalas
Keywords: enzim akonitase, inhibitor, Ricinus communis

Abstract

Penelitian tentang inhibisi aktivitas enzim akonitase dengan menggunakan inhibitor ion Cu2+ dan Ca2+ telah dilakukan. Enzim akonitase diisolasi dari buah Ricinus communis dengan menggunakan aseton dingin. Untuk menentukan aktivitas dari akonitase digunakan metoda pengukuran substrat asam sitrat sisa berdasarkan metoda LStahre’s test. Kadar protein ditentukan dengan menggunakan metoda Lowry. Optimasi dari enzim akonitase didapatkan dari hasil pH optimum 7,3, temperatur optimum 40 oC, dan konsentrasi substrat 1 %. Dari kurva Lineaweaver Burk diperoleh harga Km = 0,104 M. Sedangkan untuk mengetahui daya pola inhibisi ion Cu2+ dan Ca2+ dilakukan dengan menvariasikan konsentrasi dari masing-masing ion tersebut. Daya inhibisi ion Cu2+ dengan konsentrasi 0,1 M adalah 93,347 % dan daya ion Ca2+ pada konsentrasi 0,1 M adalah 60,124 %. Hasil tersebut menunjukkan pola inhibisi yang sama yakni inhibisi non kompetitif dan masing-masing ion memiliki daya inhibisi yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
1930-10-20
How to Cite
Novianty, R., Chaidir, Z., & Mardiah, E. (1930). MEMPELAJARI DAYA INHIBISI ION CU2+ DAN CA2+ SERTA POLA INHIBISINYA TERHADAP ENZIM AKONITASE YANG DIISOLASI DARI BUAH KALIKIH ALANG (RICINUS COMMUNIS). Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 5(1), 77-83. https://doi.org/10.37859/jp.v5i1.411
Section
Chemistry Sciences
Abstract views: 290 ,