ISOLASI JAMUR PENYEBAB INFEKSI KULIT DAN UJI AKTIVITAS ANTIJAMUR EKSTRAK ETANOL BAWANG PUTIH (Allium sativum L.) DAN LENGKUAS MERAH (Alpinia purpurata K.Schum)

  • Musyirna Rahmah Nst Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Riau Pekanbaru
  • Emma Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Riau Pekanbaru
  • Sumiati Rahman Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Riau Pekanbaru
Keywords: isolasi, antijamur, bawang putih, lengkuas merah

Abstract

Telah dilakukan isolasi jamur penyebab penyakit panu, kurap dan bisul dengan teknik gores.Terdapat 5 isolat jamur diantaranya yaitu 1 isolat pada sampel panu, 2 isolat pada sampel kurap dan 2 isolat pada sampel bisul dengan ciri mempunyai hifa, spora dan spora yang berkelompok. Ke-5 isolat digunakan dalam pengujian aktivitas antijamur ekstrak etanol bawang putih (Allium sativum L.) dan lengkuas merah(Alpinia purpurata K.Schum) dengan variasi konsentrasi 1%, 2%, 4%, 8%, 16%, 32% dan 64%. Aktivitas antimikroba dikategorikan mempunyai aktivitas sedang dengan diameter hambat 10-19 (mm). Analisa ANOVA dua arah memperlihatkan aktivitas antimikroba berbeda secara signifikan antara ekstrak lengkuas merah dan bawang putih terhadap bakteri panu, kurap dan bisul dengan P<0,05 pada konsentrasi 8%-64%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-05-30
How to Cite
Nst, M. R., Susanti, E., & Rahman, S. (2013). ISOLASI JAMUR PENYEBAB INFEKSI KULIT DAN UJI AKTIVITAS ANTIJAMUR EKSTRAK ETANOL BAWANG PUTIH (Allium sativum L.) DAN LENGKUAS MERAH (Alpinia purpurata K.Schum). Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 3(2), 39-46. https://doi.org/10.37859/jp.v3i2.159
Section
Biology Sciences
Abstract views: 1320 , pdf (Bahasa Indonesia) downloads: 7780