STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMAHAMAN KONSEP SAINS FISIKA

  • Defrizal Hamka Universitas Muhammadiyah Riau
  • Hadi Purwanto Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar keterampilan kognitif siswa melalui penerapa strategi everyone is a teacher here (ETH) pada pembelajaran fisika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs 1 Bangkinang Barat yang berjumlah 28 orang. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah soal tes hasil belajar keterampilan kognitif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan pada akhir proses pembelajaran dengan mengadakan tes keterampilan kognitif. Data dianalisis menggunakan teknik analisa deskriptif yang meliputi daya serap, efektifitas pembelajaran, ketuntasan belajar siswa dan ketuntasan tujuan pembelajaran. Hasil analisa data menunjukkan: daya serap rata-rata siswa adalah 76.01% dengan kategori baik, ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 77.78% dengan kategori tidak tuntas, ketuntasan tujuan pembelajaran secara klasikal adalah 66.7% dengan kategori tidak tuntas, dan efektifitas pembelajaran 76.01% dengan kategori cukup efektif. Dengan demikian, penerapan strategi everyone is a teacher here (ETH) cukup efektif digunakan untuk pembelajaran fisika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A. Atmadi dan Y. Setyaningsih, Transformasi Pendidikan Memasuki Millenium Ketiga, (Yogyakarta: Kanisius, 2000), hlm. 7
[2] Aprilia, W, Ansori, Y.Z. Penggunaan Model Everyone is A Teacher Here dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020. 270-277.
[2] Candra, O., Yanto, D.T.P. Strategi Pembelajaran Aktif “Everyone Is A Teacher Here” Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). (2020). 4 (3), 616-623.
[3] Halidin. Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Matematika. Aksioma. (2020). 9 (2), 348-357.
[4] Lufri. Kiat Memahami Metodologi dan Melakukan Penelitian. UNP Pres: Padang.( 2007)
_________, dkk. Strategi Pembelajaran Biologi. UNP: Padang. (2007)
[5] Misnar. Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa dengan Menggunakan Strategi Everyone
Is A Teacher Here (ETH) dan Strategi Listener Team Pada Siswa Kelas VIII SMPN 03 Koto Baru. Skripsi STKIP PGRI: (2011). Padang.
[6] Ramayani, Sitompul, D.N. Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMK Pab 2 Helvetia. Liabilities (Jurnal
Pendidikan Akuntansi). (2020). 3 (2), 96-107.
[7] Silberman, M.L. Active Learning 101 Cara Bealajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa. (2006).
[8] Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. (2003).
[9] Sudjana, N., Arifi, D. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. (1988).
[10] Syaiful, S., Aprillya, S., Anggraeni, E. Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone is a
Teacher Here (ETH) Ditinjau dari Gaya Kognitif Terhadap PemahamanKonsep Matematika. Jurnal Gantang. (2020). 5 (1), 51-59.
[11] Zaini, H., Munthe, B., Aryani, S.A. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani. (2008).
Published
2021-09-07
Abstract views: 633 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 482