DEVELOPMENT OF ANDROID-BASED 3D VIRTUAL GAME OF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU CAMPUS ADVENTURE

  • Dewi Odicia Clariesta Aziz Universitas Muhammadiyah Riau
  • Rahmad Al Rian Universitas Muhammadiyah Riau
  • Pratama Benny Herlandy Universitas Muhammadiyah Riau
Kata Kunci: Kata Kunci : Game Virtual, Petualangan Kampus, Unity, Google Sketchup, Universitas Muhammadiyah Riau

Abstrak

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau baik lama maupun baru mempunyai masalah dalam mengetahui tata letak ruangan di UMRI karena Universitas Muhammadiyah Riau menyatukan beberapa fakultas dan ruangan-ruangan penting didalam 1 gedung, contohnya seperti gedung A yang memiliki Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, dan Fakultas Hukum. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat game virtual 3D petualangan kampus Universitas Muhammadiyah Riau berbasis Android sebagai media untuk membantu mahasiswa dalam mengetahui tata letak ruangan kampus dan dapat mengasah kemampuan petualang mahasiswa dalam mengenali lingkungan kampus secara virtual.. Untuk mencapai tujuan diatas digunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Adapun tahapan ADDIE yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Data dikumpulkan melalui angket (skala likert) pada saat uji coba. Hasil penilaian dari ahli media terhadap kelayakan game virtual 3D petualangan kampus mencapai skor rerata 3,88 kategori sangat baik. Hasil penilaian dari ujicoba beberapa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau terhadap kelayakan game virtual 3D petualangan kampus mencapai skor rerata 3,75 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa game virtual 3D petualangan kampus Universitas Muhammadiyah Riau Berbasis Android ini layak digunakan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

[1] T. Oktora, dan F. Samopa, “Pengembangan Peta Interaktif Tiga Dimensi Gedung UPMB dan Pascasarjana Institut Teknologi Sepuluh Nopember Menggunakan Unreal Engine”, J. Teknik. Pomits, Vol. 2, No. 2, ISSN: 2337-3539 (2301-9271 Print), 2013.

[2] A. Prabowo. (2019). “Rancang Bangun Peta Virtual 3D Jurusan Kimia Universitas Lampung Menggunakan Unity3D”. Skripsi. Universitas Lampung.

[3] Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”, Alfabeta. CV, Bandung.

[4] M. O. Fitri, “Rancang Bangun Aplikasi Virtual Tour Monumen Mandala Berbasis Android”, J. Instek, Vol. 1, No. 1, ISSN: 2541-1179, Oktober 2016.

[5] D. Pradiptojati, “Rancang Bangun Peta Virtual 3D Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan Unity3D Engine”, J. Teknik Pomits, Vol. 3, No. 2, ISSN: 2337-353, 2014.

[6] D. Meidelfi, H. A. Mooduto, dan D. Setiawan, “Visualisasi 3D Gedung dengan Konsep Virtual Reality Berbasis Android”, J. Invotek, Vol. 18, No. 1, ISSN : 1411-3411(p) ISSN : 2549-9815, 2018.

[7] D. Hidayat, “Rancang Bangun Aplikasi Denah Kampus Universitas Negeri Padang Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android”, Vol. 1, No. 1, ISSN: 2301-9271, September 2012.
Diterbitkan
2023-01-30
Abstrak views: 34 , PDF (English) downloads: 19