Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Pokok Bahasan Pengenalan Perangkat Keras Komputer (Hardware) Berbasis Revolusi Industri 4.0
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran game edukasi pokok bahasan Pengenalan Perangkat Keras Komputer (Hardware) berbasis revolusi industri 4.0 dengan menggunakan software Construct 2 dan mendapatkan tanggapan positif dari peserta didik sebagai pengguna media pembelajaran game edukasi pokok bahasan pengenalan perangkat keras komputer (hardware) berbasis revolusi industri 4.0. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Lee dan Owens yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil uji kelayakan media oleh ahli media masuk dalam kategori Baik dengan nilai kelayakan 3,9 dan presentase kualitas media 78%. Hasil uji materi oleh ahli materi masuk dalam kategori Sangat Baik dengan nilai kelayakan 4,6875 dan presentase kualitas materi 93,75%. Hasil uji coba lapangan kepada 30 orang peserta didik masuk kedalam kategori sangat baik dengan nilai kelayakan 4,520625 dan presentase kualitas media pembelajaran game edukasi 90,42%. Maka media pembelajaran ini layak digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.
Downloads
References
[2] Alessi, s.M & Trollip, s.R. (2001). Multimedia for learning ,nethod and
[3] developmenr. Needham Heights: Allyn & Bacon.
[4] Aoun, J.E. (2017). Robot-proof: higher education in the age of artificialintelligence US: MIT Press. Afwan, M. (2013). Leadership on technical and vocational education incommunity college [Versi elektronik]. Journal of Education andPractice, 4 (21), 21-23.
[5] Arief S. Sadiman dkk. (201 l). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatanya. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.
[6] Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
[7] Jakarta: Rineka Cipta.
[8] Aqib, Zainal. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual
[9] (Inovatif). Bandung: Yrama Widya, 2013.
Copyright (c) 2020 EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.