Penerapan analytic hierarchy process (AHP) pada sistem pendukung keputusan penerima bantuan pangan non tunai (BPNT)

  • Rinaldi Nur Fahadaena
  • Moh. Dasuki Universitas Muhammadiyah Jember
  • Rosita Yanuarti Universitas Muhammadiyah Jember
Keywords: BPNT, Sistem Pendukung Keputusan, Metode AHP

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara yang berkembang, sebagian besar dari penduduknya bergantung pada pertanian yang menjadi sumber penghidupan. Namun, banyaknya masyarakat yang masih kesulitan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan kategori bantuan sosial pangan yang didistribusikan oleh otoritas publik dalam struktur nontunai kepada pihak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) melalui sistem pencatatan elektronik. Sistem Pendukung Keputusan merupakan suatu sistem berbasis komputer yang ditujukan untuk membantu pengambil keputusan dalam memanfaatkan data dan model tertentu untuk memecahkan berbagai persoalan yang tidak terstruktur. Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan teknik yang mampu membantu dalam mengevaluasi kriteria dan alternatif untuk proses pengambilan keputusan secara kompleks. Oleh karena itu, penggunaan metode AHP dalam proses pemilihan calon penerima bantuan BPNT dapat membantu dalam menentukan prioritas kriteria dan alternatif yang ada, sehingga proses pengambilan keputusan menjadi lebih mudah dan tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Dasi, J. (2010). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (DECISION SUPPORT SYSTEM) Melwin Syafrizal, 11(3), 77–90.
[2] Destiningrum, Mara, dan Qadhli Jafar Adrian. 2017. “Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre).” Jurnal Teknoinfo 11(2): 30.
[3] Nur Dita, M. (2021). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI SELEKSI PENERIMAAN BANTUAN SOSIAL BLT BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA RW 015 KELURAHAN JAKA MULYA BEKASI. Universitas Darma Persada,
[4] Parhusip, J. (2019). Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada Desain Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Di Kota Palangka Raya. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 13(2), 18-29.
[5] Pratiwi, Heny. 2020. “Tujuan dan Karakteristik SPK.” Research Gate (May): 6–8. Saefudin, Saefudin, dan Sri Wahyuningsih. 2017. “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Pada RSUD Serang.” JSiI (Jurnal Sistem Informasi) 1(1): 33–37.
[6] Saputra, Meineka Iswan Hadi, dan Nurma Nugraha. 2020. “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) (Studi Kasus: Penentuan Internet Service Provider Di Lingkungan Jaringan Rumah).” Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa 25(3): 199–212.
[7] Sasmito, Ginanjar Wiro. 2017. “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal.” Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT) 2(1): 6–12.
[8] Sumarno, Sumarno M, dan Jauhari Mustafa Harahap. 2020. “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Pemilihan Posisi Kepala Unit (Kanit) Ppa Dengan Metode Weight Product.” JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer 11(1): 37.
[9] Syamsiah, S. (2019). Perancangan Flowchart dan Pseudocode Pembelajaran Mengenal Angka dengan Animasi untuk Anak PAUD Rambutan. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 4(1), 86-93.
[10] Andini, V., Rohmah, M. F., & Kurniawan, F. I. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus Kantor Desa Kedunguneng). SUBMIT: Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi dan Sains, 1(1), 37-42.
[11] Habibah, U., & Rosyda, M. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Pekandangan Menggunakan Metode AHP-TOPSIS. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 6(1), 404-413.
[12] Lusa, A. A., Yesy, D. R., & Yanuarini, N. (2022). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI PENERIMA BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) MENGGUNAKAN METODE FUZZY C-MEANS. Universitas Islam Majapahit,
[13] Musa, A., Latief, M., & Dai, R. (2021). Penerapan sistem pendukung keputusan penerima bantuan sosial menggunakan metode fuzzy ahp. Diffusion: Journal of Systems and Information Technology, 1(1), 46-54.
[14] Parhusip, J. (2019). Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada Desain Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Di Kota Palangka Raya. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 13(2), 18-29.
[15] Syamsiah, S. (2019). Perancangan Flowchart dan Pseudocode Pembelajaran Mengenal Angka dengan Animasi untuk Anak PAUD Rambutan. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 4(1), 86-93.
Published
2023-12-31
How to Cite
Fahadaena, R. N., Dasuki, M., & Yanuarti, R. (2023). Penerapan analytic hierarchy process (AHP) pada sistem pendukung keputusan penerima bantuan pangan non tunai (BPNT). Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 4(3), 661-668. https://doi.org/10.37859/coscitech.v4i3.4946
Abstract views: 112 , pdf (Bahasa Indonesia) downloads: 65