Pembuatan aplikasi sistem informasi kwartir ranting warungkiara berbasis android

  • Reza Rama Putra Universitas Nusa Putra
  • Anggun Fergina Universitas Nusa Putra

Abstract

Abstrak

 

Gerakan Pramuka merupakan wahana pendidikan nonformal untuk pembinaan dan pengembangan bagi anak-anak, remaja, maupun pemuda melalui penyelenggaraan pendidikan pramuka yang disajikan melalui kegiatan yang menarik, menyenengkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis yang dilakukan di alam terbuka sesuai dengan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan. Dewan Kerja sebagai wadah pembinaan kaderisasi kepemimpinan Pramuka Penegak dan Pandega di Kwartir, juga sebagai bagian dari kader generasi muda yang memiliki ide, gagasan, serta kreatifitas yang tinggi, maka Dewan Kerja sebagai anggota Pramuka memiliki salah satu tugas sebagai garda terdepan untuk berjuang dalam memandu generasi muda ini untuk menciptakan sebuah karya kreatif yang di tuangkan dalam bentuk kegiatan sehingga berdampak terhadap kemajuan Gerakan Pramuka. Golongan Penegak dan Pandega di dalam Gerakan Pramuka merupakan anggota muda yang tentu saja harus mendapatkan perhatian besar dalam pola pembinaannya. Hal ini dikarenakan Anggota Pramuka Penegak dan Pandega termasuk dalam kategori usia produktif sehingga sangat penting untuk dapat diarahkan kepada hal-hal yang positif melalui pembinaan karakter, mental, spiritual dan intelektual agar dapat menjadi manusia Indonesia seutuhnya yang berjiwa Pancasila, menaati Tri Satya dan menepati Dasa Dharmanya. Berdasarkan pemikiran tersebut diatas, Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Warungkiara melalui Dewan Kerja Ranting dalam setiap tahun melaksanakan agenda kegiatan, yang dimana wadah untuk media informasi itu belum terbentuk dan masih dilakukan secara manual menggunakan komputer, oleh karena itu dibuat sebuah aplikasi sistem infomasi kwartir ranting berbasis android, dengan harapan bisa membantu kaum muda anggota pramuka mempermudah akses informasi dan pengetahuan seputar pramuka secaram umum dan khususnya di warungkiara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] J. Yusup and T. Rustini, Panduan wajib pramuka Superlengkap. Bmedia, 2016.
[2] S. Fuada, “Perancangan Game Petualangan Pramuka Berbasis Android,” JUPITER, vol. 2, no. 1, 2016.
[3] B. Berlilana, D. S. Saputra, and S. W. Widayat, “Mobile Application ‘Pramuka dalam Android’ sebagai Media Pendukung Pembelajaran Materi Pramuka,” in Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 2015, vol. 1, no. 1.
[4] K. D. A. N. B. R. P. LUNAK, “Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak,” Rekayasa Perangkat Lunak, p. 5, 2022.
[5] D. Mallisza, H. S. Hadi, and A. T. Aulia, “Implementasi Model Waterfall Dalam Perancangan Sistem Surat Perintah Perjalanan Dinas Berbasis Website Dengan Metode SDLC,” J. Tek. Komputer, Agroteknologi Dan Sains, vol. 1, no. 1, pp. 24–35, 2022.
[6] W. Warjiyono, R. Y. Surlily, K. Subalaksana, A. Isnanda, and A. Afandi, “Pengembangan Sistem Informasi Pengeluaran Dan Penerimaan Kas Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Bulakamba Menggunakan Model Waterfall,” J. Sist. Inf. Akunt., vol. 2, no. 01, pp. 34–45, 2022.
[7] S. Muyaroah and M. Fajartia, “Pengembangan media pembelajaran berbasis Android dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS 6 pada mata pelajaran biologi,” Innov. J. Curric. Educ. Technol., vol. 6, no. 2, pp. 22–26, 2017.
[8] A. Susanto and S. F. Handayani, “APLIKASI PENCARIAN JASA PANGKAS RAMBUT DI BANDAR LAMPUNG MENGGUNAKAN ALGORITMA A-STAR BERBASIS ANDROID,” J. Data Min. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 39–49, 2022.
[9] H. T. Wibowo, R. S. Tarigan, and A. A. Mukmin, “APLIKASI MARKETPLACE PENDAMPING WISATA DENGAN API MAPS BERBASIS MOBILE DAN WEB,” Retrieved from osf. io/3jpdt, 2022.
[10] R. S. Tarigan, “KEBERMANFAATAN TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI PADA DUNIA PENDIDIKAN DI INDONESIA,” 2022.
[11] D. S. Rusdianto, A. Arwan, F. Pradana, T. A. Kurniawan, and F. Amalia, “Pelatihan pemodelan kebutuhan perangkat lunak dengan menggunakan usecase diagram,” Bubungan Tinggi J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 600–609, 2022.
[12] I. Binanto, “Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia,” in Prosiding Seminar RiTekTra, 2013, vol. 1, pp. 1–7.
Published
2023-04-30
How to Cite
Reza Rama Putra, & Anggun Fergina. (2023). Pembuatan aplikasi sistem informasi kwartir ranting warungkiara berbasis android. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 4(1), 64-72. https://doi.org/10.37859/coscitech.v4i1.4481
Abstract views: 122 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 133