Iot-based automatic soil moisture monitoring and watering system via telegram

  • Yosep Maulana Universitas Nusa Putra
  • Dedi Supardi Universitas Nusa Putra

Abstract

Tanaman adalah salah satu jenis organisme yang umum ditanam oleh orang dan tanaman ini membutuhkan air dalam melakukan pertumbuhan, yang akhirnya proses pertumbuhan tanaman sangat berpengaruh terhadap banyaknya air serta unsur lain yang dapat diserap secara baik oleh tanaman dalam melakukan proses pertumbuhan. Tanaman bisa mendapatkan air melewati penyerapan yang dilakukan oleh akar,namun tidak semua tanaman dapat melakukan penyerapan air menggunakan akarkarena terdapat beberapa tanaman yang memiliki akar pendek. Dalam menjaga kelembaban tanah tetap stabil tentunya dibutuhkan perawatan khusus dengan cara penyiraman tanaman secara rutin dengan mengawasi tingkat kadar air. Saat ini, pengawasan proses penyiraman pada tanaman masih dilakukan secara manual. Proses secara manual masih memiliki beberapa kekurangan, diantaranya masih dibutuhkannya banyak tenaga manusia untuk mengawasi proses penyiraman, keuangan yang dikeluarkan masih terbilang tinggi. Atas dasar tersebut maka penulis memiliki tujuan untuk melakukan penelitian secara langsung agar dapat memberikan jalan keluar atau solusi yaitu dengan merancang suatu system alat yang dapat mendeteksi kelembaban tanah dan dapat juga melakukan penyiram tanaman secara otomatis memanfaatkan teknologi berjenis IoT via telegram bot, dari perencanaan penelitian tersebut didapat hasil: Sensor Kelembaban Tanah yaitu Soil Moisture Sensor yang dapat memiliki fungsi sebagai input data kelembaban tanah sesuai dengan keadaan, dan informasi dari sesnsor tersebut dapat diinformasikan kepada pengguna sistem atau pemilik lahan memalui telegram bot dan pemilik lahan dapat menyalakan pompa air yang sudah terpasang dalam sistem melalui telegram bot untuk melakukan penyiraman jika lahan yang dipasangi sistem dinyatakan kering oleh sesnsor. Sistem tersebut nantinya berfungsi untuk mengawasi proses penyiraman lahan pada tanaman secara otomatis berdasarkan dengan perintah pengguna sistem dilihat dari keadaan dan kondisi lahan. Dengan hadirnya sistem yang penulis rancang maka proses penyiraman lahan pada tumbuhan atau tanaman menggunakan telegram bot akan dapat meningkatkan efektivitas dan efesiensi para pemilik lahan dalam hal ini petani agar bisa memonitor kelembaban tanah terjaga dengan baik dan hasil tanamannya menjadi jauh lebih maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A. Rahman and E. Octaviani, “ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA SEKTOR PERTANIAN DAN KEMISKINAN DI INDONESIA,” in Seminar Nasional Variansi (Venue ArtikulasiRiset, Inovasi, Resonansi-Teori, dan Aplikasi Statistika), 2021, vol. 2020, no. 0, pp. 39–48.
[2] K. BA and F. S, “The Effect of Giving Water Levels to Response of The Growth,” J. Produksi Tanam., vol. 2, no. 1, pp. 59–64, 2014
[3] S. S. Sheikh, A. Javed, M. Anas, and F. Ahmed, “Solar Based Smart Irrigation System Using PID Controller,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., 2018.
[4] Lutfiyana, N. Hudallah, and A. Suryanto, “Rancang Bangun Alat Ukur Suhu Tanah, Kelembaban Tanah, dan Resistansi,” J. Tek. Elektro, vol. 9, no. 2, pp. 80–86, 2017
[5] P. Asriya and M. Yusfi, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Kelembaban Tanah Menggunakan Wireless Sensor Berbasis Arduino Uno,” J. Fis. Unand, vol. 5, no. 4, pp. 327–333, 2016.
[6] D. Z. Harfi, P. Pangaribuan, and Estananto, “Monitoring Dan Pengendali Kelembaban Dan Suhu Tanah Pada Tanaman Cabai Di Wadah Menggunakan Fuzzy Logic,” eProceeding Eng., vol. 5, no. 3, pp. 3942–3949, 2018.
[7] Arif Adam. 2022. Artifial Intelegent. Bandung Media Sains Indonesia.
[8] Nana Maliza, Z. Saifurrohman, and (Program Studi Elektro Sekalah Tinggi Teknik Multimedia Cendikia Abditama), 2017 “Alat Penyiraman Otomstis Berbasis Arduino Uno,” Jurnal Multimedia, Vol. 8, No. 1..
[9] P. Ariyanto, A. Iskandar, and U. Darusalam, 2021, “Rancang Bangun Internet of Things (IoT) Pengaturan Kelembaban Tanah untuk Tanaman Berbasis Mikrokontroler,” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 5, no. 2, p. 112, doi: 10.35870/jtik.v5i2.211
[10] A. Dimas Permadi, Ing.Soewarto Hardhienata, Andi Chairunnas. 2015. Sistem Penyiraman Dan Penerangan Taman Menggunakan Soil Moisture Sensor Dan RTC (Real Time Clock) Berbasis Arduino Uno. JCONES. 3 (2): 9-16.
Published
2022-12-28
Abstract views: 42 , PDF downloads: 20