Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Website Terhadap Pengguna Akhir Menggunakan Webqual 4.0

  • Fitriani Muttakin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Dhea Dwi Aprillia Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Mega Kumalasari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Abstract

Peran Teknologi dalam membantu menyebarluaskan informasi mempunyai peranan penting, Salah satunya melalui website. Website Kantor Pertanahan Kota Pekanbaru merupakan website yang memberikan pelayanan seputar informasi tentang surat tanah. Layanan dan fitur yang tersedia meliputi halaman beranda, informasi tentang Kantor Pertanahan Kota Pekanbaru, publikasi, layanan, PPID, aplikasi loketku, antrian online, dan aplikasi laporan PPAT. Selama penerapannya terkadang website mengalami beberapa kendala seperti gagal diakses, informasi terbaru tidak muncul, dan terjadinya error saat mengakses menu yang ada. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengukur sejauh mana kualitas website berpengaruh terhadap pengguna dengan metode Webqual 4.0. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner dan obesrvasi, selanjutnya akan dilakukan uji validitas dan reliabilitas data, serta uji Hipotesis menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa website yang digunakan sudah dikatakan sangat bagus dengan nilai keterkaitan R-Square variabel User Satisfaction sebesar 87%.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Al Baiti, A. Rachmadi, P. Studi, S. Informasi, F. I. Komputer, and U. Brawijaya, “Pengukuran Kualitas Layanan Website Dinas Pendidikan Kota Malang Dengan Menggunakan Metode Webqual 4 . 0 dan IPA,” Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 9, pp. 885–892, 2017.

T. Muhammad Taufiq Ismail and N. Rachma, “Sistem Informasi Penjualan pada Herangbetta Tangerang berbasis Website,” J. CoSciTech (Computer Sci. Inf. Technol., vol. 2, no. 1, pp. 40–45, 2021, doi: 10.37859/coscitech.v2i1.2336.

I. . Faristurahman, “KUALITAS PELAYANAN PTSL PADA KANTOR PERTANAHAN / BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN MAGELANG,” J. Manaj. dn Bisnis, vol. 2, no. 2, 2021.

A. Faza and A. P. Utomo, “Analisa Kualitas Layanan Website PT. Masusskita United Menggunakan Metode Webqual,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 2, p. 88, 2021, doi: 10.33365/jtk.v15i2.1155.

A. Heryati, “Analisa Kualitas Website Universitas Indo Global Mandiri Palembang Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Appl. Innov. Eng. Sci. …, vol. 0, pp. 27–28, 2021, [Online]. Available: http://ejournal.ft.unsri.ac.id/index.php/AVoer/article/view/870

M. J. Roche, A. L. Pincus, M. R. Lukowitsky, K. S. Ménard, and D. E. Conroy, “An integrative approach to the assessment of narcissism,” J. Pers. Assess., vol. 95, no. 3, pp. 237–248, 2013, doi: 10.1080/00223891.2013.770400.

. Nurhayati, “Analisa Website Puslit Indonesia Dengan Menggunakan Webqual Untuk Pengukuran Kualitas Website,” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 4, no. 1, 2013, doi: 10.36448/jsit.v4i1.512.

S. Aisa, N. Aini, I. Djafar, and A. Akhriana, “Jurnal Computer Science and Information Technology ( CoSciTech ),” J. CoSciTech (Computer Sci. Inf. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 66–72, 2022.

I. Sirnajaya, A. M. Yusuf, and Y. Yudiana, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Manajemen SMAN 5 Karawang (AMS5K) Di SMAN 5 Karawang Menggunakan Webqual,” Pros. Semin. Nas. Inov. dan Adopsi Teknol., vol. 2, no. 1, pp. 57–66, 2022, doi: 10.35969/inotek.v2i1.209.

J. F. Hair, M. Sarstedt, L. Hopkins, and V. G. Kuppelwieser, “Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research,” Eur. Bus. Rev., vol. 26, no. 2, pp. 106–121, 2014, doi: 10.1108/EBR-10-2013-0128.

D. Rahmawati, “Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Administrasi Dan Pengaruh Kualitas Pelayanan Pegawai Administrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Lingkungan Fise Uny,” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 8, no. 2, pp. 18–31, 2010, doi: 10.21831/jpai.v8i2.951.

Published
2022-12-19
Abstract views: 52 , PDF downloads: 31