Perancangan UI “Ceramahku” menggunakan metode learn ux berbasis web

Ceramahku

  • aisyah manurung STMIK Amik Riau
  • Chakra Wibawanto STMIK Amik Riau
  • Naufal Khairi STMIK Amik Riau
  • Junadhi STMIK Amik Riau

Abstract

Seiring berjalannya waktu saat ini masyarakat sudah mulai berkurang dalam mengikuti kegiatan ceramah di mesjid-mesjid ataupun kegiatan tausiyah agama yang disebabkan oleh kesibukan dalam bekerja ataupun hal lainya. maka dari itu kebutuhan aplikasi ceramah di Indonesia meningkat dikarenakan Ilmu agama yang sangat minim di era milenial ini dan hal itu juga sejalan dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan islam yang ditanamkan sejak dini. Maka untuk itu pentingnya pendidikan islam pada generasi muda dengan memberikan metode yang tidak membosankan serta sesuai kebutuhan user  untuk mewujudkan cita-cita masyarakat islam yaitu mengikuti perintah Allah SWT, dan menanamkan akhlatul Karimah sebagai bekal menuju jalan yang telah disiapkan oleh Allah SWT.

Kemajuan Teknologi saat ini Memiliki Peranan penting setiap harinya,maka dari itu team kami menciptakan Aplikasi Berbasis Website yaitu “CERAMAHKU” yang bertujuan untuk memudahkan user mencari nama ustad/ustadzah di sekitaran pekanbaru untuk mengisi di acara-acara islam seperti Maulid nabi, Tahun baru hijriyah,Isra Mi’raj dan lain-lain. Website ini menggunakan metode learn ux adalah metode yang popular di era digital seperti sekarang ini karena metode ini dapat menyelesaikan sebuah kegiatan dengan lebih cepat dengan mengurangi kegiatan dokumentasi tetapi lebih fokus terhadapan pemahaman bersama terhadap kegiatan yang dikembangkan.Rancangan design dan proses pembuatan website juga dibuat dengan menggunakan  figma dan tidak lupa menggunakan prototype sebagaimana semestinya.Semoga aplikasi berbasis website “CERAMAHAKU” ini dapat diterima di kalangan masyarakat luar dan mendapatkan rating yang baik agar dapat bersaing dengan aplikasi berbasis website lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amar Ahmad, “Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Kesenjangan Informasi,” Dakwah Tabligh, vol. 5, no. 2, pp. 327–336, 2012.

Nursyifa, R. Mayasari, and A. S. yuda Irawan, “Penerapan Metode Lean UX Pada Perancangan UI/UX Aplikasi Digilib Unsika Versi Windows,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., vol. 4, pp. 2013–2015, 2021.

R. Muntaqo, “Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Perkembangan Budaya Masyarakat,” J. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy. UNSIQ, vol. 4, no. 1, pp. 12–20, 2017.

A. G. Gani et al., “Jurnal Computer Science and Information Technology ( CoSciTech ),” J. Sist. Inf. Univ. Suryadarma, vol. 3, no. 2, pp. 1–19, 2020.

A. Ikhsandi, H. Laili, J. Akbar, and Y. Efendi, “Perancangan User Interface pada Website SMKN 1 Tambang Menggunakan Metode Design Thinking Application of Design Thinking Method in Website Design for SMKN 1 Tambang,” pp. 147–155, 2016.

A. Yolanda, “Perancangan Ulang User Interface (Ui) Dan User Experience (Ux) Menggunakan Metode Lean Ux Pada Aplikasi Sister for Students (Sfs) Universitas Jember Skripsi,” Skripsi, pp. 1–99, 2020.

D. A. Anggara, W. Harianto, and A. Aziz, “Prototipe Desain User Interface Aplikasi Ibu Siaga Menggunakan Lean Ux,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 4, pp. 58–74, 2021.

M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Digit, vol. 10, no. 2, p. 208, 2020, doi: 10.51920/jd.v10i2.171.

C. S. Journal, “Aplikasi E-Book Untuk Aturan Kerja Berbasis Web Di,” vol. 9, no. 1, pp. 20–26, 2020.

A. Josi, “Desain dan Implementasi E-Jurnal pada Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UP2M) STMIK Prabumulih,” J. Informatics Pelita Nusant., vol. 1, no. 2, pp. 1–5, 2017.

Published
2022-12-26
Abstract views: 42 , PDF downloads: 21