Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi Google Meet Menggunakan Algoritma Support Vector Machine

  • Diah Angraina Universitas Muhammadiyah Riau
  • Aprillia Putri Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Google Meet merupakan aplikasi video conference yang digunakan untuk kegiatan jarak jauh secara online. Google Meet memiliki fitur-fitur yang mudah digunakan dan dapat melakukan panggilan video berkualitas tinggi. Penggunaan aplikasi Google Meet dalam sehari bisa mencapai 100 juta pengguna. Namun setelah menggunakan aplikasi Google Meet terdapat perbedaan pendapat memberikan rasa kepuasan dan ketidakpuasan terhadap aplikasi Google Meet. Hal ini dapat diamati dari ulasan yang diberikan pengguna pada kolom komentar di Play Store. Pengguna baru menjadikan komentar sebagai tolak ukur untuk menentukan aplikasi yang terbaik dan memuaskan untuk digunakan. Pada penelitian ini dilakukan analisis sentimen pengguna aplikasi Google Meet yang bertujuan mengelompokkan ulasan pengguna dalam bentuk sentimen positif, negatif dan netral. Algoritma yang digunakan untuk melakukan klasifikasi adalah Support Vector Machine, dari 10.000 dataset yang memiliki jumlah sentimen tertinggi terdapat pada ulasan positif berjumlah 4468 dengan kata ulasan “bagus”. Ulasan negatif  berjumlah 1476 dengan kata ulasan “aplikasi” dan ulasan netral berjumlah 4056 dengan kata ulasan “aplikasi”. Pembagian data training 90% dan data testing 10% menghasilkan nilai accuracy 94%, nilai precision 98%, nilai recall 95% dan nilai f1-score 96%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-28
Abstract views: 39 , PDF downloads: 25