Analisis Perilaku Adopsi Digital Marketing Pada UMKM Menggunakan Model UTAUT3 di Era New Normal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku adopsi digital marketing pada pelaku UMKM di Kabupaten Kotawaringin Timur menggunakan model UTAUT3 di Era New Normal. Penelitian ini terdiri dari 146 responden yang didapatkan menggunakan teknik Probability Sampling. Hipotesis diuji dengan SEM PLS (Partial Least Square) dan menggunakan perangkat lunak WarpPls 7.0. Hasil pengujian ini terdapat Variabel yang menunjukkan hasil berpengaruh tidak signifikan yaitu Facilitating Condition terhadap Behavioral Intention, Facilitating Condition terhadap Use Behavior, Habit terhadap Behavioral Intention dan Perceived Risk terhadap Behavioral Intention. Sedangkan variable Performance Expentancy, Effort Expentancy, Social Influence, Hedonic Motivation, Personal Innovativeness of IT, Perceived Trust sangat berpengaruh signifikan terhadap variable Behavioral Intention. Dan variable Personal Innovativeness of IT dan Behavioral Intention juga berpengaruh signifikan terhadap Use Behavior.