Implementasi Finite State Machine (FSM) pada Agent Permainan Game Lost Animal at Borneo berbasis Android

  • Arbansyah Arban Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Abstract

Dewasa ini perkembangan game developer sangatlah pesat, terbukti dari banyaknya jenis aplikasi game yang telah ditawarkan pada smartphone maupun console PC. Berdasarkan kebutuhan koneksi internet, game dapat dikategorikan menjadi 2 tipe, yaitu online game dan offline game. Online game sangat digemari oleh para pemain, karena dengan adanya koneksi internet, pemain dapat bermain secara multiplayer dengan pemain diseluruh dunia Algoritma yang digunakan pada game sebelumnya adalah menggunakan teknik pengacakan posisi pada karakter hewan, Teknologi AI dibutuhkan agar permainan menjadi lebih menarik, natural dan menyenangkan bagi pemainnya, lebih memudahkan anak-anak mendapatkan posisi karakter hewan tersebut, serta melatih motorik anak. Game agent dibangun dengan mentransfer pengetahuan dari master game permainan ini ke dalam bentuk Finite State Machine (FSM), dalam hal ini adalah game developer itu sendiri. Penelitian tentang game agent telah menjadi perhatian para peneliti di bidang Artificial Intelligence (AI). Setiap aksi-reaksi dari kemungkinan kondisi permainan yang terjadi, dituangkan kedalam bentuk state-state yang akan menjadi perilaku dari game agent tersebut. Untuk membuat permainan yang tidak membosankan bagi player maka dilakukan teknik pengacakan posisi karakter teknik pengacakan posisi objek didalam game dilakukan dengan tujuan untuk mencegah pemain menghafal posisi objek tersebut dalam setiap babak (level) permainan, sehingga permainan menjadi tidak statis dan membosankan. Berdasarkan pemaparan diatas, penulis tertarik menimplementasikan FSM pada game lost animal at borneo, dengan metode yang digunakan dalam game lost animal at borneo merupakan metode NPS yang bertujuan untuk mengtahui bahwa pada permainan game lost animal borneo menerapkan kecerdasan buatan FSM.

Kata kunci: Implementasi FSM Game Lost Animal, Borneo

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-18
How to Cite
Arban, A. (2022). Implementasi Finite State Machine (FSM) pada Agent Permainan Game Lost Animal at Borneo berbasis Android. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 3(2), 144-151. https://doi.org/10.37859/coscitech.v3i2.3921
Abstract views: 336 , pdf (Bahasa Indonesia) downloads: 346