Sistem Informasi Geografis Pemetaan Tempat Pembungan Sampah Sementara di Kota Pekanbaru Dengan Mencari Rute Terdekat Menggunakan Algoritma A Star (A*)

  • Maruba Hutabalian Universitas Muhammadiyah Riau
  • Sunanto Sunanto Universitas Muhammadiyah Riau
  • Januar Al Amien Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Permasalahan sampah yang mendasar adalah masih banyaknya masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempat dan waktunya sehingga beberapa titik lokasi sampah belum di-monitoring dan belum diketahui lokasinya. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun sebuah sistem informasi geografis pemetaan Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPSS) dengan mencari rute terdekat titik lokasi-lokasi sampah yang berada di sekitaran mereka, sehingga masyarakat mengetahui tempat pembuangan sementara yang resmi dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru. Dalam pengembangan sistem menggunakan Algoritma A-star, karena Algoritma A* (A Star) merupakan salah satu algoritma pencarian rute yang optimal dan komplit. Optimal berarti rute yang dihasilkan adalah rute yang paling baik dan komplit. Hasil dari penelitian ini adalah membuat sistem informasi geografis pemetaan tempat pembuangan sampah di Kota Pekanbaru menggunakan algoritma A-Star dengan mencari rute terdekat yang tersebar di kota pekanbaru. Sistem ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan instansi terkait untuk dapat saling bekerja sama dan berinteraksi dengan teknologi untuk mengatasi permasalahan sampah dengan lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-19
How to Cite
Hutabalian, M., Sunanto, S., & Januar Al Amien. (2021). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Tempat Pembungan Sampah Sementara di Kota Pekanbaru Dengan Mencari Rute Terdekat Menggunakan Algoritma A Star (A*) . Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 2(2), 98-107. https://doi.org/10.37859/coscitech.v2i2.2936
Abstract views: 647 , pdf (Bahasa Indonesia) downloads: 682