STEREOTIP GENDER DI MEDIA TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN Fair And Lovely EDISI NIKAH ATAU S2)
Abstract
Iklan Fair and Lovely Edisi Nikah atau S2 merupakan iklan produk kecantikan yang mengangkat tema tentang kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Melalui pemberitaan, kisah fiksi ataupun iklan, media massa mampu berperan dalam sosialisasi gender yang akan membentuk stereotip tertentu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana stereotip gender ditampilkan dalam iklan Fair and Lovely Edisi Nikah atau S2 dengan tujuan untuk mengetahui tanda-tanda yang ditampilkan dalam iklan Fair and Lovely Edisi Nikah atau S2 yang membawa makna stereotip gender. Target luaran berupa publikasi ilmiah dalam jurnal internasional, prosiding seminar ilmiah internasional, prosiding seminar ilmiah nasional, publikasi ilmiah jurnal nasional tidak terakreditasi. Manfaat hasil penelitian diharapkan dapat menjadi referensi dan memacu riset selanjutnya tentang ilmu komunikasi massa khususnya tentang pesan gender lewat media. Bagi pengelola media diharapkan dapat mensosialisasikan tentang gender tanpa menstereotipkan negatif pada perempuan, mengingat besarnya pengaruh media bagi masyarakat. Bagi pemerintah dan instansi terkait, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dalam pembuatan kebijakan selanjutnya. Penelitian menggunakan analisis semiotika dengan fokus penelitian bagaimana makna denotasi dan konotasi ditampilkan melalui tanda dalam iklan televisi. Metode yang digunakan adalah metode semiotika yang bersifat kualitatifinterpretatif dengan teori analisis semiotika Roland Barthes.
Downloads
All material contained in this site is protected by law. It is prohibited to quote part or all of the contents of this website for commercial uses without the approval of the board of editors of this journal.
If you find one or more articles contained in CELSciTech that violate or potentially infringe your copyright, please report to us, via email to Principle Contact.
The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal site refers to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA).
All information contained in CELSciTech is academic. CELSciTech is not responsible for any losses incurred by misuse of information from this site.