PROSES MARKETING PUBLIC RELATIONS PADA KAFE

  • Tantri Puspita Yazid Universitas Riau
  • Mutia Asfarina Universitas Riau
Keywords: Marketing Public Relations, Teori, S-O-R, L'Cheese Factory

Abstract

Belakangan ini kafe hidangan penutup atau dessert telah menjadi trend sekaligus gaya hidup tersendiri bagi masyarakat Kota Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari munculnya beragam kafe hidangan penutup yang juga dibarengi dengan banyaknya masyarakat menghabiskan waktu ditempat tersebut. L Chesee Factory  merupakan jenis kafe desssertbrand lokal pertama di Pekanbaru. Berawal dari UKM dan kemudian  terus berkembang hingga menjadi perusahaan saat ini. L Chesee Factory jenis kafe desssertbrand lokal pertama di Pekanbaru. Berawal dari UKM dan kemudian berhasil meraih penghargaan sebagai brand lokal menginspirasi kategori UMKM Awards tahun 2013 dan Marketeers of the year 2015.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai proses marketing public relation pada L Chesee Factory penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penyajian analisis data secara deskriptif dan didukung dengan grounded theory S-O-R, sedangkan fokus penelitian dilihat berdasarkan konsep The Marketing Public Relations Process. Subjek pada penelitian ini ditentukan berdasarkan teknik purposive samplingyang terdiri atasowner, general manger, brand manager, dan karyawan L Chesee Factory. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan model data interaktif Miles dan Huberman dengan pemeriksaan keabsahan data dilakukan menggunakan teknik triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses marketing public relations L Chesee Factory terdiri atas mendefinisikan masalah, perencanaan dan pemograman, aksi dan komunikasi, serta evaluasi. Permasahalan paling menonjol yang terlihat dalam proses MPR pada L Chesee Factory adalah munculnya perusahaan-perusahaan yang dianggap  sebagai kompetitor sejenis.Selanjutnya perumusan aktivitas atau program MPR yang akan dilaksanakan didasari oleh pertimbangan yaitu harus dapat mendukung untuk terwujud the best local brand. Aksi dan komunikasi sebagai implementasi dari berbagai program MPR L Chesee Factory yaitu berupa  pelaksanaan publikasi dan publisitas, event/penyusunan program acara, kepedulian pada komunitas, memberitahukan atau meraih citra, serta lobi dan bernegosiasi. Evaluasi mengenai berbagai aktivitas atau program MPR L Chesee Factory yaitu secara keseluruhan semuanya dapat berjalan dengan baik dengan catatan hanya satu program acara yang tidak dilanjutkan/terhenti yaitu Cat Rescue. Selain itu keseluruhan aktivitas atau program MPR yang diadakan membantu untuk terwujudnya L Chesee Factory  sebagai the best local brand baik dilihat dari segi image maupun dari segi pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tantri Puspita Yazid, Universitas Riau

Jurusan Ilmu Komunikasi

Mutia Asfarina, Universitas Riau

Jurusan Ilmu Komunikasi

Published
2017-09-30
Abstract views: 352 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 823