STUDI PENYAMBUNGAN MATERIAL KATUP KENDARAAN MENJADI BIMETAL MENGGUNAKAN METODE Friction Welding

  • Ahmad Kafrawi Nasution Universitas Muhammadiyah Riau
  • Riski Ramadhan Universitas Muhammadiyah Riau
  • Sunaryo Sunaryo Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Friction welding, Parameter pengelasan, Katup kendaraan, Massa jenis

Abstract

Katup merupakan suatu komponen pengatur proses membuka-menutup pada saluran masuk dan buang sebuah motor bakar. Selama ini, komponen katup kendaraan terbuat dari logam baja yang memiliki massa jenis yang lebih besar jika dibandingkan dengan material aluminium. Penelitian ini bertujuan untuk mengganti sebagian material katup dengan material aluminium dengan harapan dapat meringankan kinerja putaran mesin kendaraan. Proses penyambungan dilakukan dengan metode friction welding yang menjadi tren metode penyambungan untuk material yang berbeda saat ini. Parameter pengelasan yang digunakan untuk friction welding seperti friction time, friction pressure, forging pressure dan burn off berdasarkan parameter penelitian terdahulu. Hasil sambungan las nantinya dilakukan pengujian mekanik mengikuti standar ASTM E8 dan ASTM E290. Distribusi kekerasan pada daerah lasan juga
dilakukan evaluasi menggunakan standar ASTM E10-15a. Hasil percobaan akan menampilkan sifat mekanik sambungan las dan pengurangan massa jenis dari komponen katup yang dikembangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ahmad Kafrawi Nasution, Universitas Muhammadiyah Riau

Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik

Riski Ramadhan, Universitas Muhammadiyah Riau

Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik

Sunaryo Sunaryo, Universitas Muhammadiyah Riau

Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik

Published
2017-09-30
Abstract views: 188 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 278