STUDI PENYAMBUNGAN MATERIAL KATUP KENDARAAN MENJADI BIMETAL MENGGUNAKAN METODE Friction Welding
Abstract
Katup merupakan suatu komponen pengatur proses membuka-menutup pada saluran masuk dan buang sebuah motor bakar. Selama ini, komponen katup kendaraan terbuat dari logam baja yang memiliki massa jenis yang lebih besar jika dibandingkan dengan material aluminium. Penelitian ini bertujuan untuk mengganti sebagian material katup dengan material aluminium dengan harapan dapat meringankan kinerja putaran mesin kendaraan. Proses penyambungan dilakukan dengan metode friction welding yang menjadi tren metode penyambungan untuk material yang berbeda saat ini. Parameter pengelasan yang digunakan untuk friction welding seperti friction time, friction pressure, forging pressure dan burn off berdasarkan parameter penelitian terdahulu. Hasil sambungan las nantinya dilakukan pengujian mekanik mengikuti standar ASTM E8 dan ASTM E290. Distribusi kekerasan pada daerah lasan juga
dilakukan evaluasi menggunakan standar ASTM E10-15a. Hasil percobaan akan menampilkan sifat mekanik sambungan las dan pengurangan massa jenis dari komponen katup yang dikembangkan.
Downloads
All material contained in this site is protected by law. It is prohibited to quote part or all of the contents of this website for commercial uses without the approval of the board of editors of this journal.
If you find one or more articles contained in CELSciTech that violate or potentially infringe your copyright, please report to us, via email to Principle Contact.
The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal site refers to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA).
All information contained in CELSciTech is academic. CELSciTech is not responsible for any losses incurred by misuse of information from this site.

