Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Guardian Store Pekanbaru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, kualitas pelayanan dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian konsumen di Guardian Store Pekanbaru. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para konsumen dari Guardian Store dengan jumlah 100 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Data penelitian diolah dengan menggunakan Software SPSS 20. Variabel bebas pada penelitian ini adalah promosi (X1), kualitas pelayanan (X2), dan kelengkapan produk (X3). Variabel terikat pada penelitian ini adalah keputusan pembelian (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel promosi, kualitas pelayanan dan kelengkapan produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa promosi merupakan sarana yang paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan konsumen. Selain itu, kualitas pelayanan dan juga kelengkapan produk menjadi tolak ukur bagi konsumen dalam menentukan pilihan untuk membeli suatu produk.
Downloads
References
Barnas, B., Wardhani, A. A. K., & Mayasari, I. (2021). Prediksi Kebangkrutan pada PT Trikomsel Oke Tbk dengan Menggunakan Metode Altman Z-Score Modifikasi Periode 2012- 2018. Indonesian Journal of Economics and Management, 1(2), 444-453.
Fure, H. (2013). Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal EMBA, 1(3), 273-283.
Janah, M., & Wahyuni, D. U. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Dewi Hijab. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(4), 1-20.
Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan, N. (2019). Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Pada Showroom Faricha Desa Semen. Artikel Skripsi. 13.1.02.02.0319. Hal 1-11.
Lianardi, W., & Chandra, S. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan Juni Pekanbaru. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 45-58.
Purwana, D., & Hidayat, N. (2016). Studi Kelayakan Bisnis. Edisi 1. Cetakan 4. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Razzouk, N. Y., Seitz, V., & Kumar, V. (2002). The impact of perceived display completeness/incompleteness on shoppers’ in-store selection of merchandise: an empirical study. Journal of Retailing and Consumer Services, 9(1), 31–35.
Ritonga, Z., Harahap, E., & Harahap, A. (2020). The Influence of Brand Community Products, Promotions, Store Atmosphere and Price on Consumer Purchasing Decisions at PT Asia Jaya Properti. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(5), 396-402.
Samuel, & Lianto. (2014). Pengaruh e-WOM melalui media sosial internet terhadap brand image, brand trust dan minat beli. Jurnal Pemasaran Petra, 2(1), 1-10.
Stanton. (2007). Pemasaran. Terjemah jilid 1. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Utami. (2010). Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Eramart Sentosa Samarinda. Administrasi Bisnis, 4(4). 923-936.
Yusup, & Aprianto, R. (2016). Pengaruh Promosi Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Pada PT Utama Motor Lubuklinggau. Jurnal Media Ekonomi, 21 (3), 74–91.
https://guardianindonesia.co.id/. Diakses 5 Desember 2020.
https://www.scanharga.com/. Diakses 24 Juni 2021.
Copyright (c) 2021 Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work