Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Guardian Store Pekanbaru

  • Nisa Widia Universitas Muhammadiyah Riau
  • Sulistyandari Universitas Muhammadiyah Riau
  • Fitri Ayu Nofirda Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Promosi, Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, kualitas pelayanan dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian konsumen di Guardian Store Pekanbaru. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para konsumen dari Guardian Store dengan jumlah 100 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Data penelitian diolah dengan menggunakan Software SPSS 20. Variabel bebas pada penelitian ini adalah promosi (X1), kualitas pelayanan (X2), dan kelengkapan produk (X3). Variabel terikat pada penelitian ini adalah keputusan pembelian (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel promosi, kualitas pelayanan dan kelengkapan produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa promosi merupakan sarana yang paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan konsumen. Selain itu, kualitas pelayanan dan juga kelengkapan produk menjadi tolak ukur bagi konsumen dalam menentukan pilihan untuk membeli suatu produk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barnas, B., Wardhani, A. A. K., & Mayasari, I. (2021). Prediksi Kebangkrutan pada PT Trikomsel Oke Tbk dengan Menggunakan Metode Altman Z-Score Modifikasi Periode 2012- 2018. Indonesian Journal of Economics and Management, 1(2), 444-453.

Fure, H. (2013). Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal EMBA, 1(3), 273-283.

Janah, M., & Wahyuni, D. U. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Dewi Hijab. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(4), 1-20.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, N. (2019). Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Pada Showroom Faricha Desa Semen. Artikel Skripsi. 13.1.02.02.0319. Hal 1-11.

Lianardi, W., & Chandra, S. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan Juni Pekanbaru. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 45-58.

Purwana, D., & Hidayat, N. (2016). Studi Kelayakan Bisnis. Edisi 1. Cetakan 4. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Razzouk, N. Y., Seitz, V., & Kumar, V. (2002). The impact of perceived display completeness/incompleteness on shoppers’ in-store selection of merchandise: an empirical study. Journal of Retailing and Consumer Services, 9(1), 31–35.

Ritonga, Z., Harahap, E., & Harahap, A. (2020). The Influence of Brand Community Products, Promotions, Store Atmosphere and Price on Consumer Purchasing Decisions at PT Asia Jaya Properti. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(5), 396-402.

Samuel, & Lianto. (2014). Pengaruh e-WOM melalui media sosial internet terhadap brand image, brand trust dan minat beli. Jurnal Pemasaran Petra, 2(1), 1-10.

Stanton. (2007). Pemasaran. Terjemah jilid 1. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Utami. (2010). Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Eramart Sentosa Samarinda. Administrasi Bisnis, 4(4). 923-936.

Yusup, & Aprianto, R. (2016). Pengaruh Promosi Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Pada PT Utama Motor Lubuklinggau. Jurnal Media Ekonomi, 21 (3), 74–91.

https://guardianindonesia.co.id/. Diakses 5 Desember 2020.

https://www.scanharga.com/. Diakses 24 Juni 2021.

Published
2022-01-01
How to Cite
Widia, N., Sulistyandari, & Nofirda, F. A. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Guardian Store Pekanbaru. Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal, 3(1), 021-029. https://doi.org/10.37859/mrabj.v3i1.2768
Abstract views: 642 , PDF downloads: 787