Kolaborasi Pelanggan di Media Sosial dalam Praktik Customer Relations Instansi Layanan Kesehatan

  • Arina Himatul Husna Universitas Muhammadiyah Riau

Abstrak

Tujuan utama pemanfaatan media sosial adalah memelihara hubungan baik antara perusahaan dengan publik. Aspek informasi dan interaksi perlu dilengkapi pada pelibatan publik dalam percakapan kolaboratif untuk memberikan nilai yang saling menguntungkan. Layanan kesehatan menjadi perusahaan yang sangat sensitif akan ketidakpuasan pada pelanggan. Untuk itu, studi ini melihat upaya kolaboratif rumah sakit melibatkan publik sebagai dua pihak yang saling bekerja sama. Metode yang diterapkan dalam studi ini adalah deskriptif kualitatif menggunakan konsep kolaborasi bermedia sosial yang ditawarkan Chris Heuer (2009) dengan menganalisa konsep customer relationship (Greenberg, 2010): melibatkan komunitas pelanggan online dan mengelola pelanggan online sebagai kerangka konseptualnya. Data penelitian didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dari tim manajemen dan pelanggan yang juga pengikut media sosial rumah sakit. Hasil studi menunjukkan bahwa aspek kolaborasi dilakukan pada media sosial Instagram dan pada media jejaring pendukung. Secara umum, tarikan simpulan utama menunjukkan bahwa rumah sakit tidak membentuk upaya kolaboratif di media sosial tunggal. Di samping itu pemanfaatan optimal pada fitur media sosial dinilai dapat membantu publik terlibat dengan perusahaan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Backman, C., Dolack, S., Dunyak, D., Lutz L., Warner, D., & Wieland, L. V. 2011. Social Media and Healthcare. Journal of The American Health Information Management Association. Vol 82(3) 20-25.

Baird, C.H. and Parasnis, G. (2011) From Social Media to Social Customer Relationship Management. Strategy and Leadership, 39, 30-37.

Bowden, J. L-H. 2009. The Process of Customer Engagement: A Conceptual Framework. Jounal of Marketing Theory and Practice. Vol 17(1) 63-74.

Bungin, Burhan. 2006. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cho, Monhee., Lauren D. Furey., Tiffani Mohr. 2017. Communication Social Responsibility on Social Media. Business and Proffesional Communication Quarterly. Vol. 80 (I) 52-69, Sage.

Cutlip, Scott. Allen H. Center & Glen M. Broom. 2006. Effective Public Relations. Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Prenada Media Grup.

Greenberg, Paul. 2010. CRM at The Speed of Light: Social CRM Strategies,Tools and Techniques for Engaging Your Customers. Fourth Edition. New York: McGraw-Hill.

Hand, M. 2017. Visuality in Social Media: Researching images, circulations dan practices. In L. Sloan & A.Quan-Haase (Eds.), The Sage Handbook Of Social Media Research Methods. pp. 217-231. London: Sage.

Hollebeek, L. (2011). Exploring customer brand engagement: definition and themes. Journal of Strategic Marketing, 19(7), 555–573.

Jiang, J., Huang, Y.-H., Wu, F., Choy, H.-Y., & Lin, D. (2015). At the crossroads of inclusion and distance: Organizational crisis communication during celebrity-endorsement crises in China. Public Relations Review, 41, 50-63.

MacDonald, I. 2014. Hospitals Embrace Social Media, But Have Yet Realize its Full Benefits. Diakses melalui: http://thesparkreport.com/infographic-social-mobile-healthcare/ pada 17 Agustus 2019 pukul 09.36 WIB.

McQuail, Denis. 2008. McQuail’s Mass Communication Theory, Fifth Edition. London: SAGE Publications.

Moleong, L.J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Perrin, A. 2015. Social Media Usage: 2005-2015. Pew Research Center. Diakses melalui http://www.pewinternet.org/2015/10/8/social-networking-usage-2005-2015/ pada 17/8/19 pukul 09.42 WIB.

Rauschnabel, P, A., Sheldon, P., Herzfeldt, E. 2019. What Motivates Users to Hashtag on Social Media?. Psycology and Marketing Journal. 1-16.

Smith, Katherine Taken. 2017. Hospital Marketing and Communications Via Social Media. Service Marketing Quarterly. Vol 38(3) 187-201.

Sharma, Deepshika., Mukta Tyagi., Anita Gupta. 2013. Use of Social Media Marketing in Healthcare. Journal of Health Management. Vol 15(2) 293-302.

Solis, Brian. 2010. Engage: The Complete Guide for Brand and Businesses to Build Cultivate and Measure Success on The Web. New Jersey: John Wiley and Sons.

Thackeray, Rosemary., Neiger, Brad. L., Smith, Amanda K., Van Wagenen, Sarah. B. 2012. Adoption and Use of Social Media among Public Health Departments. BMC Public Health, 12 (1).

Vernuccio, Maria. 2014. Communicating Corporate Brands Through Social Media: An Exploratory Study. International Journal of Business Communication. Vol 51(3) 211-233.

Weinberg, B. D., Pehlivan, E. 2011. Social Spending: Managing The Social Mix. Business Horizons. Vol. 54 (1) 278-282.

Diterbitkan
2021-07-10
Abstrak views: 354 , PDF (English) downloads: 566