Model Komunikasi Politik Identitas Partai Solidaritas Indonesia Di Media Sosial Pada Pemilu Legislatif 2019

  • Tri Suharman Universitas Mercu Buana Jakarta

Abstrak

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjadi salah satu partai politik baru yang mengikuti Pemilu Legislatif 2019. Kehadiran PSI menjadi perhatian publik karena pesan politiknya yang kontroversi terkait gender dan agama di media sosial. Penelitian ini bertujuan mengetahui model komunikasi politik identitas PSI di media sosial pada Pileg 2019. Dari penelitian ini, disimpulkan komunikator politik PSI menggunakan pesan politik terkait gender dan agama karena kurangnya perhatian parpol pada isu tersebut. Interaksi simbolik dalam penelitian ini tergambar melalui kesamaan berpikir (mind), konsep diri (self), serta bermasyarakat (society) para komunikator politiknya dalam memandang isu gender maupun agama. Sementara kecenderungan politik identitas komunikator politik PSI adalah resistence identity. Sedangkan model komunikasi politik identitas PSI terdapat pada proses penciptaan pesan politik PSI melalui interaksi simbolik antara komunikator yang melahirkan kecenderungan politik identitas, kemudian menciptakan pesan politik yang berkaitan diskriminasi gender maupun politisasi agama yang disalurkan ke media sosial.

 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Buku :

Abdillah S., Ubed. 2002. Politik Identitas: Pergulatan Tanda Tanpa Identitas. Magelang: Yayasan Indonesiatera.

Ahmad, Nyarwi.2012. Manajemen komunikasi Politik dan Marketing Politik, Sejarah, Perspektif dan Perkemnbangan Riset, Yogyakarta: Pustaka Taman, 2012.

Anas, Sudijono. 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Press.

Arni Muhammad. 1992. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara. h 127

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

_________________. 2002. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Atmoko, Bambang Dwi. 2012. Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.

Jurnal:

Anshari, F. (2013). Komunikasi Politik di Era Media Sosial. Jurnal Komunikasi. https://doi.org/10.1021/acs.orglett.5b02435

Alver & Caglar. 2015. The Impact Of Symbolic Interactionism On Research Studies About Communication Science. International Journal of Arts & Sciences, CD-ROM. ISSN: 1944-6934 :: 08(07):479–484 (2015). http://universitypublications.net/

Budiyono. 2015. Fenomena Komunikasi Politik dalam Media Sosial. Jurnal IPTEK-KOM, Vol. 17 No. 2, Desember 2015: 143-160 ISSN 1410 – 3346.(Sumber: https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/iptekkom/article/view/436 diakses 5 April 2019.

Boyd, D. M., & Ellison, N. B. 2007. Social network sites: Definition, history, and scholarship. Journal of Computer-Mediated Communication. https://doi.org/10.1111/j.1083-6101.2007.00393.x

Cristian, Valeriani, Barberá, Bonneau, Jost, Nagler & Tucker. 2015. Political Expression and Action on Social Media: Exploring the Relationship Between Lowerand Higher-Threshold Political Activities Among Twitter Users in Italy. Journal of Computer-Mediated Communication, International Communication Association. Vol 20 (2015) 221–239 © 2015. doi:10.1111/jcc4.12108.

Faisyal. 2018. Membangun Image Partai Di atas Panggung Dramaturgis. Jurnal Oratio Directa, Vol 1, No.2, (2018). E-ISSN 2615-07435 (Sumber https://www.ejurnal.ubk.ac.id/index.php/oratio/article/view/59/41 yang diakses 28 Maret 2019).

Glucksman, Morgan. 2017. The Rise of Social Media Influencer Marketing on Lifestyle Branding: A Case Study of Lucie Fink. Elon Journal of Undergraduate Research in Communications, Vol. 8, No. 2 • Fall 2017.

Habibi. 2016. Meninjau Perkembangan Perda Syariah di Indonesia.Jurnal el-Qanuniy Volume 2 Nomor 1 Januari 2016.

Hadi, Ido Prijana. 2009. Perkembangan Teknologi Komunikasi Dalam Era Jurnalistik Modern. E-Journal PETRA.

Hariyariti, Puji. 2006. New Propaganda Model: Pertarungan Wacana Politik dalam Bisnis Media.Jurnal Komunikasi. Volume 1, Nomor 1, Oktober 2006. ISSN 1907 -848X. h 1 - 96.

Diterbitkan
2021-07-10
Abstrak views: 547 , PDF (English) downloads: 434