Islam Wasathiyah dalam Perspektif Muhammadiyah Ditinjau dari Aspek Komunikasi Politik

  • Jupendri Universitas Muhammadiyah Riau

Abstrak

Agama secara hakikinya sangat berhubungan erat dengan politik. Keduanya tidak dapat dipisahkan. Salah satu konsep Islam yang berkaitan dengan politik ialah Islam Wasathiyah. Konsep Islam Wasatiyyat berhubungan kuat dengan ajaran Islam secara keseluruhan dan merupakan salah satu ajaran sentral dalam Islam untuk pembentukan kepribadian dan karakter Muslim, baik individual ataupun kolektif. Keragaman umat Islam yang terdiri dari tiga tiga kelompok seperti kelompok moderat, kelompok garis keras dan kelompok garis keras ekstrem menjadikan Islam di negara Indonesia banyak melahirkan organisasi-organisasi Islam. Keragamaan kelompok keagamaan dalam Islam menyebabkan menguatnya ekstremitas (tindakan melewati batas). Kondisi yang menjadi salah satu dari sekian banyak permasalahan bangsa. Pergeseran wajah Islam ke arah yang militan, keras dan ekstream manjadi dasar untuk mengulas kembali tentang Islam sebagai agama yang wasathiyah. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis Islam Wasathiyah dalam perspektif Muhammadiyah ditinjau dari aspek komunikasi politik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abdurrahman, Asymuni., Nashir, Haedar., Maarif Syafii, Ahmad., Abror, Muchlas., Abdullah, Amin., Mulkhan, Munir, Abdul., Yusuf Chusnan., Mugoddas, Muhammad (2011), Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Afdjani, Hadiono (2014), Ilmu Komunikasi; Proses dan Strategi, Tangerang: Indigi Media.

Al Ghadban, Muhammad Munir Syaikh (2003), Manhaj Haraki, Terjemahan Aunur Rafiq Shalih Tamhid, Asfuri B, Anshori Umar S, , Jakarta: Robbani Press.

Aminah, Siti (2014), Kuasa Negara Pada Ranah Politik Lokal, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Budiarjo, Meriam (2008), Dasar-Dasar Ilmu Politik, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Cangara, Hafied (2009), Komunikasi Politik: Konsep, Teori dan Strategi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Effendy, Onong Uchjana (2008) Ilmu Komunikasi; Teori dan Praktek, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Heywood (2014), Politik, (Terjemahan Politics Dg Alih Bahasa: Ahmad Bintang Lazuardi), Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah (2018), Himpunan Putusan Tarjih 3, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Mulkhan, Munir Abdul (2010), Marhenis Muhammadiyah, Yogyakarta: Galangpress.

Nimmo, Dan (2005), Komunikasi Politik; Komunikator, Pesan dan Media, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat (2009), Dasar-Dasar gerakan Muhammadiyah, Bandung: Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat.

Pringle, Robert (2018), Islam Di Tengah Kebhinekaan: Memahami Islam dan Politik di Indonesia, Terjemahan Tri Wibowo, Jakarta: Prenada.

Pureklolon, Tokan Thomas (2016), Komunikasi Politik; Mempertahankan Integritas Akademisi, Politikus, dan Negarawan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ruben, D. Brent dan Stewart, P. Lea (2013), Komunikasi dan Prilaku Manusia, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sitepu, P. Anthonius (2012), Studi Ilmu Politik, Graha Ilmu: Yogyakarta.
Subiakto, Hendry dan Ida, Rachmah (2012) Komunikasi Politik, Media, dan Demokrasi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tabroni, Roni (2014), Komunikasi Politik Pada Era Multimedia, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Jurnal

Elkhairati (2019), Piagam Madinah dan Spiritnya dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Al-Istinbath: Jurnal Hukum Islam, Vol.4, No.1, Halm: 51-68.

Gazali, Effendi (2004), Interaksi Politik dan Media: Dari Komunikasi Politik ke Politik Komunikasi, Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Volume 8, Nomor 1, Halm. 53-74.

Hayat, Bahrul (2012), Kontribusi Islam Terhadap Masa Depan Peradaban Di Asia Tenggara, Miqot, Vol. XXXVI, No. 1, Halm: 192-204.

Jamal, Misbahuddin (2011), Konsep Al Qur’an Dalam Al Qur’an, Jurnal Al- Ulum, Volume. 11, Nomor 2, Hal. 283-310.

M. Basir Syam (2018), Islam Wasathiyah Dalam Perspektif Sosiologi, Jurnal Aqidah-Ta Vol. IV No. 2, Halm. 197-213.

Rahmmad Jamil (2017), Peranan Pembelajaran Modeling Dalam Meningkatkan Keterampilan Beribadah Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Medan, Jurnal ANSIRU Nomor 1, Volume 1, Hal. 105-141.

Internet

http://www.suaramuhammadiyah.id/2018/05/03/islam-wasathiyyah/

http://www.muhammadiyah.or.id/en/content-8-det-amal-usaha.html
Diterbitkan
2021-07-10
Abstrak views: 589 , PDF (English) downloads: 491