Upaya Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Pelatihan Simulasi di SMAN 1 Kampar Timur

  • Noni Lestari DINAS PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA
Keywords: Kemampuan guru, menyusun RPP, pelatihan simulasi

Abstract

Upaya meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP dapat dilakukan melalui pelatihan. Masalah penelitian dapat dirumuskan dalam bentuk pertanyaan penelitian:”Apakah melalui pelatihan penyusunan pembuatan RPP dapat meningkatkan kinerja guru SMAN 1 Kampar Timur Kabupaten Kampar?. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Kampar Timur Kabupaten Kampar, jumlah guru yang terlibat sebanyak 20 orang guru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus.  Berdasarkan hasil penelitian maka dapat direkomendasikan yaitu: (1) Peran Pengawas Sekolah dalam melakukan pembinaan guru-guru SMAN 1 Kampar Timur sangat dibutuhkan dan dapat dilaksanakan secara kontinu dan terprogram baik melalui pelatihan atau kegiatan yang sejenis yaitu workshop atau simulasi, (2) Suatu keharusan bagi guru menyusun RPP sebelum melaksanakan kegiatan pem-belajaran agar ketuntasan SK dan KD untuk mencapai KKM dapat tercapai. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] BSNP. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: BSNP. 2007.
[2] BSNP. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta: BSNP. 2007.
[3] Makmum, Abin Syamsudin. Psikologi Kependidikan, Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2005.
[4] Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
[5] Panitia Pelaksana Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Rayon 10 Jawa Barat. Bahan Ajar Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Bandung: Pengawas. 2009.
Published
2022-11-30
Abstract views: 54 ,